Berapa Biaya Pembuatan NPWP ?

npwpAssalamualaikum…

Apa kabar semuanya? Semoga selalu dalam kondisi baik dan tetap bersemangat di siang hari ini..

Pada saat ini, ada persepsi yang salah tentang pajak, bahkan itu hal dasar. Banyak juga dari kita yang sudah ketakutan terlebih dahulu dengan birokrasi di kantor pajak, sehingga akhirnya kita memutuskan untuk menguruskan administratif perpajakan kepada konsultan pajak, akuntan, notaris, atau pun calo yang menawarkan pengurusan administratif perpajakan.

Sesuai dengan judulnya, kali ini Ryan akan membahas tentang biaya pembuatan NPWP. Apakah biaya pembuatan NPWP itu besar? Apakah prosesnya susah? Silahkan lanjutkan membaca,🙂

Biaya Pembuatan NPWPSebagai seorang yang sudah bertahun-tahun berkecimpung di masalah pajak, saya sering sekali menemukan kasus dimana orang yang membuat npwp bukanlah orang yang bersangkutan, atau dengan kata lain pengurusan NPWP tersebut dikuasakan kepada orang lain. Setelah saya perhatikan lebih lanjut, ternyata ada beberapa orang yang sengaja membuatkan NPWP untuk orang lain dengan imbalan tertentu (calo). Angkanya juga sering membuat saya geleng-geleng. Untuk NPWP pegawai biasanya ditarik biaya Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Dan untuk NPWP badan rata-rata mereka meminta imbalan hingga Rp 1.000.000. Duh!!!!

Itu hanya untuk NPWP, belum untuk pendaftaran PKP atau administrasi lainnya seperti lapor pajak.

Pengurusan kartu NPWP oleh orang lain melalui surat kuasa bermaterai dibenarkan secara undang-undang, namun saya yakin bahwasanya orang yang membuat NPWP melalui “CALO” tidak sepenuhnya tahu tentang pembuatan NPWP tersebut. Untuk perlu Kita tahu bahwa SEGALA BENTUK PELAYANAN PAJAK TIDAK DIPUNGUT BIAYA. Dengan kata lain, biaya pembuatan NPWP adalah GRATIS. Serta untuk pengurusannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika sedang sepi tanpa antrian seperti di kantor pajak gambir empat atau kantor pajak tanah abang satu, kita cukup menunggu antrian sebentar sambil mengisi formulir pendaftaran maka prosesnya bisa diambil di hari berikutnya atau ditunggu di dua hari berikutnya.
Dengan segala kemudahan yang disediakan DJP untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat masih kah Kita terlalu malas untuk pergi sendiri ke kantor pajak untuk mengurus kewajiban perpajakan Kita?

So, mari apabila kita mendengar tentang biaya pembuatan NPWP, jelaskan bahwa itu biaya untuk CALO bukan dibayar ke kantor pajak atau ke petugas pajak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s