Pendaftaran NPWP Online

Sudahkah mengetahui proses atau alur dalam membuat NPWP secara Online?

Kalau masih ragu dengan beberapa artikel, bisa baca dahulu artikel ini.

Ok,, Hal yang perlu dipersiapkan sebelum mau daftar adalah siapkan scan / foto dari data diri (kalau untuk orang pribadi minimal KTP/bukti data diri).

Selengkapnya tentang data diri akan ryan bahas di artikel yang lain yah..

Sudah belum?

Kalau sudah, segera buka laptop atau buka komputer dan pastikan mendapatkan jaringan internet.

Secara garis besar, alur pendaftaran NPWP secara online sebagaimana diatur dalam Per-20/PJ/2013 Tentangย  Tata Cara Pendaftaran Dan Pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak,Pelaporan Usaha Dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak Dan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, Serta Perubahan Data Dan Pemindahan Wajib Pajak adalah sebagai berikut :

npwp

ย Point-point yang harus dilalui

  1. Permohonan pendaftaran yang dilakukan secara elektronik dengan mengisi Formulir Pendaftaran Wajib Pajak pada Aplikasi e-Registration yang tersedia pada laman Direktorat Jenderal Pajak di http://www.pajak.go.id. Perlu diketahui bahwa permohonan pendaftaran sebagaimana yang telah disampaikan oleh Wajib Pajak melalui Aplikasi e-Registration dianggap telah ditandatangani secara elektronik atau digital dan mempunyai kekuatan hukum.
  2. Ketika sudah sampai di website ereg yaitu https://ereg.pajak.go.id/ silakan registrasi dengan Pilih DAFTAR BARU
  3. isi data diri di isian setelah Klik DAFTAR BARU
  4. Aktivasi Via EMAIL, silakan buka email untuk aktivasi account anda.
  5. Log In Aplikasi Ereg, silakan log in setalah anda melakukan aktivasi,, Kalau belum aktivasi, pasti tidak bisa log in. So, harus di aktivasi dahulu yah,..
  6. Input Formulir, Silakan input semua halaman yang ada disana.
  7. Minta Token untuk pengiriman. Token akan dikirim ke email kita yang untuk aktivasi tadi. silakan buka emailnya untuk mengetahui token-nya.
  8. Kirim Formulir, Kirim formulir yang sudah diisi dengan memasukkan token yang sudah dikirim via EMAIL tadi.
  9. Pengiriman dokumen yang disyaratkan sebagaimana dibahas diatas, dilakukan dengan cara mengunggah (upload) salinan digital (softcopy) dokumen melalui Aplikasi e-Registration atau mengirimkan dengan menggunakan Surat Pengiriman Dokumen yang telah ditandatangani.
  10. Apabila dokumen yang disyaratkan sebagaimana dimaksud diatas belum diterima KPP dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja setelah penyampaian permohonan pendaftaran secara elektronik sebagaimana dimaksud, permohonan tersebut dianggap tidak diajukan.
  11. Apabila dokumen yang disyaratkan sebagaimana diatas telah diterima secara lengkap, KPP baru mulai memprosesnya.

Lantas bagaimana cara kita (Wajib Pajak) agar permohonan kita cepat diproses?

Berikut Tipsnya dari ryan..

  1. Kirim dokumen yang disyaratkan berikut Surat Pengiriman Dokumen yang telah ditandatangani dengan pos tercatat yaitu bisa tiki, jne atau pos kilat yang bisa dilacak.
  2. Kenapa harus yang tercatat? karena kalau yang biasa, bisa 5hari baru sampai walaupun itu satu kelurahan dengan domisili kita. Ngak mau kan ya jarak hanya satu kelurahan tapi nyampainya 5 (lima) hari?
  3. Biasanya kalau yang tercatat, 2hari sudah sampai. Setelah sampai (kita sudah memastikan dengan mengecek kalau surat itu diterima) maka dihari ketiga kita telp kantor pajak tersebut untuk memastikan kalau segera diproses.
  4. Perlu dikethui bahwa permohonan NPWP itu dalam satu KPP sehari menerima ratusan permohonan dan itu hanya dikerjakan oleh 2 (dua) orang.
  5. Jadi harus sabar yah..
  6. Trus kalau sudah dipastikan diproses ( sudah diterima oleh KPP) tinggal menunggu dirumah, nanti akan dikrim oleh Kantor Pajak tersebut.

26 thoughts on “Pendaftaran NPWP Online

    • Bapak teja, mohon maaf pertanyaan bapak masih kurang lengkap. apa yang susah diterima ya pak? pihak mana yang menerima?

      kalau saran saya, untuk pendaftaran NPWP lebih baik datang langsung ke kantor pajak, nanti dihari berikutnya sudah jadi pak. Jadi dihari berikutnya bis diambil sendiri.

      sekian, smoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

      • status permohonan npwp saya dari tanggal 18 sampe sekarang masih kirim aja nih, belum di terima pak. apa emang lama ya pak ? hehe
        kalo saran dari pak ryan kita langsung dateng kesana, berarti untuk pelayanan online itu belum maksimal ya pak..

      • iyah betul pak, dan prioirtas penanganan itu biasanya untuk yang datang langsung lebih di utamakan..

        sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

      • Pak ryan, laporan lagi nih, status di tolak.. reason : alamat tidak sesuai ktp karena saya pakai alamat domisili yang berbeda dengan ktp, ajuin ulang, 3 hari, approval๐Ÿ˜€ makasih infonya ya pak๐Ÿ™‚

    • bapak santoso, itu merupakan pilihan ketika mau kirim dokumen.
      silakan bapak baca artikel terbaru saya.
      disana ada panduan berikut fotonya.

      sekian, semoga bisa membantu. ๐Ÿ™‚

  1. pak ryan, mau tanya, apabila tidak menggunakan e registration agar cepat prosesnya, apakah bisa pemilik ktp dengan domisili jogjakarta melakukan permohonan pembuatan npwp di depok jawa barat? dan apakah ada syarat khusus? kami membutuhkan npwp dengan segera untuk persyaratan kerja, terimakasih infonya

    • ibu mita, untuk proses cepat sampai saat ini dengan datang langsung ke kantor pajak sesuai dengan KTP.. jadi kalau misalnya mau segera bisa melalui saudara yg d jogja untuk daftar dengan surat kuasa ibu..

      sekian.. semoga bsia membantu..๐Ÿ™‚

  2. Selamat Sore …
    Saya mau menanyakan sebelumnya terimakasih .
    Saya mempunyai KTP Domisili di Bandung , Tapi saya mau membuat NPWP di kota Tangerang karena 1 Tahun belakangan ini saya bekerja dan menetap di Tangerang …
    Apakah biasanya ada persyaratan tambahan untuk kasus seperti saya ?
    Dan apakah saya perlu membuat dulu KTP Pindah saya dari Bandung ke Tangeranga ?
    Itu Proses nya cukup lama dan rumit …
    Mohon Penjelasannya terimakasih …

    • Ibu Ayu, dasar utama yang menjadi acuan dalam membuat NPWP adalah KTP,
      jadi saran saya biar ngak rumit, buat NPWP sesuai dengan KTP yaitu domisili lama dahulu.
      kebetulan saya juga sedang mengurus surat pindah dan itu sampai 2bulan belum jadi.

      so, saran saya ya tadi, buat NPWP sesuai KTP, bisa meluangkan waktunya sehari untuk mengurus, nanti untuk pengambilan bisa diwakilkan..

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  3. Selamat pagi, maaf pak mau nanya saya kan baru mau daftar dan saya sudah mngisi form.nya tpi kok kolom captchanya gak bisa terbuka? trims

    • Ibu mila, apabila captchanya tidak bisa, maka bisa d refresh hanya untuk chaptha-nya saja ibu.

      apabila masih belum bisa, coba ganti broser yang digunakan. misalnya kemarin menggunakan mozilla, bisa diganti dengan internet explore atau crome..

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • bapak hendry, sudah saya buatkan artikel terbaru berikut tatacaranya ya pak, bisa di cek lagi artikel terbaru di blog ini.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • bapak abiyoso, silakan bapak telp ke kantor pajak tempat bapak membuat sesuai KTP bapak.. silakan ditanyakan sudah sampai mana prosesnya.
      apabila statusnya sudah dikirim dan belum sampai, bapak bisa datang langsung ke kantor pajak untuk minta dicetak ulang NPWP bapak.

      sekian,, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  4. sy sdh kirim permohonan melalui e-reg, apakah nomor npwp belum sy dapatkan sekarang juga melalui email pak? karena sy belum sempat ke kantor kpp terdaftar npwp. gimana?

    • bapak amandus, untuk nomor NPWP baru dapat ketika sudah ada approve dari kantor pajak, ketika mendaftar online jadi tidak langsung mendapatkan nomor NPWP.

      sekian,, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  5. mohon maaf saya mau bertanya, untuk pembuatan npwp online pada pada status pusat cabang diklik yang apa ya? soalnya ada pilihan pusat,cabang,oppt, pilih yg mana ya? terimakasih

    • ibu heni, guna pendaftaran NPWP online silakan pilih pusat ya ibu apabila suami sudah mempunyai NPWP. apabila belum bersuami atau suami tidak mempunyai bisa memilih pusat.

      sekian, smeoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  6. saya tadi udah daftar npwp lewat ereg.pajak.go.id alamat saya temanggung jawa tengah tapi bekerja di cikarang barat. apa kartu npwp.a bisa dicetak di kpp pratama cikarang barat ya ??
    status permohonannya masih kirim mau cek lagi username n password gag valid terus. yang harus saya lakukan selanjutnya apa ya ? minta nomer npwp lewat telpon ke nomer kpp sesuai ktp temanggung atau gimana ??
    nomer kpp temanggung saya hubungi sibuk terus

    • bapak imam, untuk proses bapak, silakan hubungi lagi kantor pajak sesuai ktp yaitu temanggung. apabila susah dihubungi maka silakan hubungi kring pajak di 1500200 nanti pasti bisa masuk,
      kalau misalnya sudah jadi npwp-nya, bisa minta cetak ulang di kpp terdekat yaitu kpp cikarang.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  7. Kalau bikin npwp lgsung kekantornya tp domisilinya sudah mati/tak berlaku bisa ga,soalnya memperpnjg/mmbuat dmisili bru sudah ga bsa…

    • ibu iis, tidak bisa ibu. karena syarat utama apabila ingn membuat NPWP badan/perusahaan adalah Surat Domisili yang masih berlaku..

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s