Kena Denda Telat Lapor Surat Pemberitahuan (SPT) ?

Hayo ada yang pernah kena denda gara-gara telat lapor Surat Pemberitahuan (SPT) gak ni?

Kenapa kok bisa di denda? Apakah lupa dengan tanggal batas waktu pelaporan? Atau karena emank gak tau kapan batas waktu pelaporan?

Seperti kita ketahui bahwasannya Surat Pemberitahuan (SPT) mempunyai fungsi sebagai suatu sarana bagi Wajib Pajak di dalam melaporkan dan mempertanggungjawabkan penghitungan jumlah Pajak yang sebenarnya terutang. Selain itu Surat Pemberitahuan berfungsi untuk melaporkan pembayaran atau pelunasan Pajak baik yang dilakukan Wajib Pajak sendiri maupun melalui mekanisme pemotongan dan pemungutan yang dilakukan oleh pihak pemotong/pemungut, melaporkan harta dan kewajiban, dan pembayaran dari pemotong atau pemungut tentang pemotongan dan pemungutan Pajak yang telah dilakukan.
Dari definisi Surat Pemberitahuan (SPT) dapat kita tarik kesimpulan bahwa Surat Pemberitahuan (SPT) sangatlah penting baik bagi Wajib Pajak maupun aparatur Pajak. Pelaporan Pajak disampaikan ke KPP atau KP2KP dimana Wajib Pajak terdaftar. SPT dapat dibedakan sebagai berikut:

  1. SPT Masa, yaitu SPT yang digunakan untuk melakukanPelaporan atas pembayaran Pajak bulanan.
    Ada beberapa SPT Masa yaitu: PPh Pasal 21, PPh Pasal 22, PPh Pasal 23, PPh Pasal 25, PPh Pasal 26, PPh Pasal 4 (2), PPh Pasal 15, PPN dan PPnBM, serta Pemungut PPN
  2. SPT Tahunan, yaitu SPT yang digunakan untuk pelaporan tahunan.
    Ada beberapa jenis SPT Tahunan: Wajib Pajak Badan dan Wajib Pajak Orang Pribadi

Saat ini untuk SPT Masa PPN sudah dapat disampaikan secara elektronik melalui aplikasi E-SPT. Penyampaian SPT Tahunan PPh juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi EFiling di alamat berikut https://efiling.pajak.go.id/index.

Ok.. lanjut ke topik yah..

Untuk keterlambatan pelaporan SPT Masa PPN dikenakan denda sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah), dan untuk SPT Masa lainnya dikenakan denda sebesar Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah). Sedangkan untuk keterlambatan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi khususnya mulai Tahun Pajak 2008 dikenakan denda sebesar Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah), dan SPT Tahunan PPh Badan dikenakan denda sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).

Berikut batas waktu pembayaran dan pelaporan untuk kewajiban perpajakan bulanan:

No Jenis SPT Batas Waktu Pembayaran Batas WaktuPelaporan
Masa
1 PPh Pasal 4 ayat (2) Tgl. 10 bulan berikut Tgl. 20 bulan berikut
2 PPh Pasal 15 Tgl. 10 bulan berikut Tgl. 20 bulan berikut
3 PPh Pasal 21/26 Tgl. 10 bulan berikut Tgl. 20 bulan berikut
4 PPh Pasal 23/26 Tgl. 10 bulan berikut Tgl. 20 bulan berikut
5 PPh Pasal 25 (angsuran Pajak) untuk Wajib Pajak orang pribadi dan badan Tgl. 15 bulan berikut Tgl. 20 bulan berikut
6 PPh Pasal 25 (angsuran Pajak) untuk Wajib Pajak kriteria tertentu yang diperbolehkan melaporkan beberapa Masa Pajak dalam satu SPT Masa Akhir masa Pajak terakhir Tgl.20 setelah berakhirnya Masa Pajak terakhir
7 PPh Pasal 22, PPN & PPn BM oleh Bea Cukai 1 hari setelah dipungut Hari kerja terakhir minggu berikutnya (melapor secara mingguan)
8 PPh Pasal 22 – Bendahara Pemerintah Pada hari yang sama saat penyerahan barang Tgl. 14 bulan berikut
9 PPh Pasal 22 – Pertamina Sebelum Delivery Order dibayar
10 PPh Pasal 22 – Pemungut tertentu Tgl. 10 bulan berikut Tgl. 20 bulan berikut
11 PPN dan PPn BM – PKP Akhir bulan berikutnya setelah berakhirnya Masa Pajak dan sebelum SPT Masa PPN disampaikan Akhir bulan berikutnya setelah berakhirnya Masa Pajak
12 PPN dan PPn BM – Bendaharawan Tgl. 7 bulan berikut Tgl. 14 bulan berikut
13 PPN & PPn BM – Pemungut Non Bendahara Tgl. 15 bulan berikut Tgl. 20 bulan berikut
14 PPh Pasal 4 ayat (2), Pasal 15,21,23, PPN dan PPnBM Untuk Wajib Pajak Kriteria Tertentu Sesuai batas waktu per SPT Masa Tgl.20 setelah berakhirnya Masa Pajak terakhir

Berikut batas waktu pembayaran dan pelaporan untuk kewajiban perpajakan tahunan:

No Jenis SPT Batas Waktu Pembayaran Batas WaktuPelaporan
Tahunan
1 PPh – Orang Pribadi Sebelum SPT Tahunan PPh disampaikan akhir bulan ketiga setelah berakhirnya tahun atau bagian tahun Pajak
2 PPh – Badan Sebelum SPT Tahunan PPh disampaikan akhir bulan keempat setelah berakhirnya tahun atau bagian tahun Pajak

Gimana? masih mau kena denda lagi? pastinya gak dong… sayang juga uang 500rbu buat bayar denda gara-gara kita lupa kalau besok udah tanggal 1.ย :)

Lantas, gimana solusinya kalau sudah kena sanksi berupa denda itu?

Yupz.. seandainya sudah mendapat surat rincian dendanya yaitu Surat Tagihan Pajak (STP) maka Penyelesaian masalah tersebut ada 2 (dua) kemungkinan:

a. Kalau STP PPh yang diterbitkan oleh KPP tersebut secara yuridis formil dan materiil telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka kita harus segera membayarnya ke Kas Negara melalui Bank Persepsi atau Kantor Pos; atau

b. Kalau penerbitan STP tersebut secara yuridis formil atau secara materiil tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku (tidak benar), maka Saudara masih berhak untuk mengajukan permohonan Peninjauan Kembali agar dilakukan pembetulan atas STP tersebut, berdasarkan ketentuan Pasal 16 UU KUP. Permohonan tersebut harus diajukan ke KPP yang bersangkutan.

Apa maksud tidak sesuai dengan ketentuan?

yang dimaksud tidak sesuai dengan ketentuan adalah misalnya setelah kita menerima STP trus kita cek tanggal ternyata pas batas waktu pelaporan itu adalah hari libur dan kita lapor dihari berikutnya. Dalam hal seperti itu, kita TIDAK seharusnya mendapatkan STP karena

  • Apabila tgl jatuh tempo bertepatan dengan hari libur termasuk hari Sabtu atau hari libur nasional, pelaporan dapat dilakukan pada hari kerja berikutnya.
  • Pengertian hari libur nasional termasuk hari yang diliburkan untuk penyelenggaraan Pemilu yang ditetapkan Pemerintah dan cuti bersama secara nasional yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kejadian tersebut mungkin terjadi dikarenakan orang yang membuat STP itu juga manusia, so wajar kalau dia ada salah. Ada baiknya kalau menjumpai hal tersebut kita segera menghubungi Kantor Pajak yang menerbitkan STP itu.

85 thoughts on “Kena Denda Telat Lapor Surat Pemberitahuan (SPT) ?

  1. untuk masa maret yg dilapor bulan april ini kan kepotong libur tangal 18 19 20 .
    apakah ada kompensasi pengunduran sampai tanggal 21?

    • untuk pelaporan SPT Masa apabila ada batas waktunya bertepatan dengan hari libur ada kompensasi. Jadi silakan anda lapor di hari kerja berikutnya setelah hari libur tersebut yaitu di tanggal 21 april 2014.

      sekian, smoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  2. jika pembayaran denda sudah dilakukan, apakah perlu melaporkannya ke kpp? jika iya berkas apa saya yang harus dilengkapi? terimakasih

    • apabila sudah membayar denda sesuai dengan STP yang kita terima dari kantor pajak, maka kita juga perlu lapor pembayaran kita yaitu dengan menyerahkan SSP lembar ketiga ke Loket TPT.

      sekian, smoga bisa membantu.๐Ÿ™‚

  3. Mau tanya gimana caranya klau kita lalai bayar pph dan ppn serta penyampaian spt selama satu tahun?mohon pencerahanya.terima kasih

    • Bapak Heru, kalau misalnya bapak lupa membayar dan lapor, segera saja dilakukan yang lalai atau lupa tadi. Misalnya pada bulan september ini belum menyampaikan SPT MAsa Juli 2014 maka besok segera dilaporkan. Kenapa seperti itu? Karena semakin bapak menunda untuk melaporkannya maka denda atau sanksi yang akan diterima akan semakin besar.
      Sayang kan ya pak kalau ada denda 2% perbulan sia-sia karena kita malas untuk segera membayar dan melaporkan. Lebih baik uang itu untuk meningkatkan modal perusahaan..๐Ÿ™‚
      untuk penyampaian selama setahun itu boleh tapi akan kena sanksi tadi pak. 2% perbulan untuk pembayaran dan 500ribu rupiah per masa Pajak. Kalau setahun ada 12 masa pajak jadi ada 6JUTA yang harus sia-sia.
      Ada baiknya ditinjau ulang terkait penyampaian spt masa di satu waktu untuk satu tahun.
      Sebagaimana kita ketahui bahwa untuk SPT Masa PPN itu pembayaran dan pelaporan maksimal adalah akhir bulan berikutnya setelah masa pajak tersebut. Sedangkan kalau masa PPh untuk pembayarannya maksimal adalah tanggal 15 bulan berikutnya setelah masa pajak tersebut sedangkan untuk pelaporannya ada yang maksimal tanggal 20 bulan berikutnya setelah masa pajak tersebut.

      Sekian, smoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • mas agung, segera saja buat SPTnya, bayar, kemudian dilaporkan. nanti untuk dendanya kantor pajak yang menghitung.๐Ÿ™‚
      Lebih cepat lebih bagus biar dendanya sedikit.๐Ÿ™‚

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  4. Apabila kita ada pembelian material import yg tgl SSP nya 21-07-2014, tapi dok tersebut baru di terima tgl 5 Agst 2014. apakah pph 22 tsb bisa di laporkan di bln Agst 2014? dan bagaimana cara input d e-spt pph 22 import apa tgl tsbt hrs di ganti apa sesuai tgl?

    • ibu mayang, kalau untuk impor, biasanya terkait dengan barangnya. jadi tetap masuk di bulan juli 2014.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • Bapak afsari, untuk melaporkan PPh sewa atau lebih dikenal PPh Pasal 4 Ayat 2 yang bersifat final.. silakan bapak menggunakan formulir pelaporan PPh Pasal 4 Ayat 2 kemudian dilaporkan ke KPP terdaftar.
      Lebih baik secepatnya dilaporkan saja pak. nanti untuk sanksi keterlambatan akan dikirim surat dari Kantor pajak tekait itu. Kalau tidak ada surat dari kantor pajak, ngak usah membayar lebih dari nilai pajak final tersebut yaitu 10% dari DPP.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  5. jika perusahaan berdiri maret 2012 dan selama tahun 2012 tidak ada kegiatan dan transaksi (nihil) dan saya tidak melaporkan spt tahunnya sekrng perusahaan akan di aktifkan lagi bagaimana cara mengurus spt tahunan 2012 nya.
    mohon pencerahanya
    terima ksh

    • Ibu mita, untuk pelaporan SPT Tahunan 2012 silakan segera dibuat SPT PPh Badan yang NIHIL kemudian dilaporkan ke kantor pajak terdaftar.
      untuk mengaktifkan perusahaan apabila dahulu sejak berdiri tidak mengajukan permohonan wajib pajak non efektif maka tidak perlu melakukan apapun selain lapor SPT Tahunan dan Lapor SPT masa 21, SPT masa 25.
      Kenapa seperti itu? karena memank perusahaan ibu tercatat aktif sejak awal.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • Ibu siska, untuk perusahaan tersebut tetap kena denda ibu. karena hak dan kewajiban wajib pajak itu timbul sejak mendapatkan NPWP. solusinya adalah segera dibuat laporan pajaknya, dan segera dilaporkan. karena semakin ibu menunda untuk membuat dan melaporkan maka dendanya semakin banyak..๐Ÿ™‚

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • bapak erwin, untuk pembayaran setelah tanggal 10 dianggap telat bayar kecuali kalau di tanggal tersebut adalah hari libur.
      jadi sebaiknya segera membayar di bawah tanggal 10.

      sekian, semoga bisa membantu…๐Ÿ™‚

  6. pada dasarnya pajak masukan merupakan HPP tapi bagaimana kalo kami terima pajak masukan dari jasa yang kami terima misalkan rekrut security outsouching apakah diperhitungkan sbagai hpp

    • selamat siang bapak arief, untuk dari jasa,, pajak masukan dapat dimasukkan ke hpp dengan asumsi itu merupakan biaya sehubungan dengan jasa.

      sekian, semoga bisa membantu.๐Ÿ™‚

  7. maaf pa mau tanya : thn 2011 sy bikin cv perusahaan, setiap bulan/tahun sy selalu bayar pph+ppn,+npwp pribadi, pada bulan juli 2014 ada surat pemanggilan ke kantor pajak mengenai pembelian rumah, dan sy memenuhi panggilan itu, setelah ngobrol dengan bagian pajak sy harus melaporkan aset pribadi termasuk rekening tabungan, dsb..katanya bahwa sy kena wajib pajak pribadi dan dikenai denda dari thn 2009 s/d 2013 sebesar 175jt, padahal selama ini sy patuh terhadap perpajakan blum pernah telat, yang sy tanyakan apakah betul harus bayar pajak pribadi? dan kenapa bisa sampai harus bayar 175jt…, apakah ada solusinya?….karna ketidaktauan sy, saat ini sy stress, sedangkan uang 175jt sy uang dari mana…Trim’s

    • selamat pagi pak deni, untuk pembeliaan rumah itu atas nama pribadi atau perusahaan pak?
      kalau misalnya masuk ke pribadi maka itu masuk ke laporan pribadi, tidak ada hubungannya dengan CV yang telah bapak buat. Sehingga atas pembelian rumah itu terutang pajak karena itu masuk ke penghasilan yang bapak terima di tahun tersebut, disini belum disebutkan darimana bapak mendapatkan rumah tersebut, apakah dengan membeli cash atau dengan KPR atau dengan pembiayaan lain. kalau bukan dengan cash bapak bisa melakukan pembetulan SPT tahunan untuk pengungkapan data tersebut. dari situ nanti bisa mengurangi pajak yang seharusnya dibayar tersebut.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  8. mau tanya: ini kami dapat surat dari kantor pajak perihal penyerahan PPN 2013 yg pajaknya digunggung. jujur kami tidak membuat faktur pajak makanya kalau lapor di SSPTnya isi di kolom digunggung. Apakah SPT PPN 2013 bisa di betulkan dengan kita menerbitkan faktur pajak th 2013? makasih

    • Ibu iin, untuk pembetulan SPT masa PPN bisa kapan saja selagi belum diperiksa oleh kantor pajak. ada baiknya kalau ibu masih ragu dengan objek mana yang disampaikan dalam surat tersebut segera hubungi AR di kantor pajak tersebut.

      sekian, semoga bisa membantu ๐Ÿ™‚

  9. jika perusahaan berdiri maret 2012 dan selama tahun 2012 tidak ada kegiatan dan transaksi (nihil) dan saya tidak melaporkan spt tahunnya sekrng perusahaan akan di aktifkan lagi bagaimana cara mengurus spt tahunan 2012 nya.dan apakah kena denda????
    mohon pencerahanya

    • Bapak andri, untuk perusahaan yang sudah ber NPWP walaupun itu ada aktivitas maupun tidak ada aktivitas WAJIB melaporkan SPT Tahunannya.
      Apabila belum membuat, segera saja membuat kemudian dilaporkan ke kantor pajak.

      Iya pak, akan dikenakan denda, untuk pembayaran denda itu menunggu surat tagihan dari kantor pajak.
      semakin lama bapak tidak melaporkan SPT tersebut, dendanya semakin besar pak.
      jadi, ada baiknya segera dibuat dan dilaporkan.

      Untuk pengaktifan perusahaan apabila dari kemarin tidak ada pengajuan WP non efektif maka perusahaan bapak sudah aktif sejak dari pendaftaran.

      sekian, semoga bisa membantu ๐Ÿ™‚

  10. mau tanya : pembuatan SSP & SPT PPh psl 21 dari Januari-mei 2014 apa bisa diakumulasi di bulan Mei saja jadi buat SSP & SPT nya satu aja atau memang harus perbulan yah ? berhubung dana bantuan kami baru cair tp untuk jasa bln januari-mei aja…trims

    • Bapak Azry, untuk pembuatan SSP dan SPT Masa 21 itu HARUS dibuat per bulan. sebagaimana dari namanya yaitu SPT Masa PPh 21 dimana itu dibuat per masa pajak atau per bulan.

      Apabila tidak ada transaksi, bapak tetap harus melaporkannya ke kantor pajak dengan isian NIHIL.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  11. Pak Ryan: mau tanya..
    1. jika kita sudah akan diterbitkan surat ketetapan pajak, apakah ada celah untuk meminta keringanan? mengingat kita sebenarnya sudah bayar PPN sesuai hitungan tp kesalahan kami adalah kami tidak menerbitkan Faktur Pajak. Denda yg akan ditetapkan sebesar 2% dari DPP.
    2. Peraturan mendasari terbitnya ketetapan pajak itu no berapa ya? (peraturannya mengacu kemana?)
    mohon bantuan pencerahannya.

    • Ibu iin, untuk ketetapan pajak itu bisa mengajukan permohonan untuk mengangsur pembayaran dengan mendatangi KPP terdaftar,,, untuk proses lengkapnya bisa langsung datang ke kantor pajak di seksi penagihan. Bisa juga ibu mengajukan permohonan pengurangan sanksi administrasi, untuk prosesnya sama dengan permohonan mengangsur di atas.
      hanya saja, untuk mengangsur pajak, nanti akan mendapatkan bungan 2 %.

      Peraturan yang mendasari ketetapan pajak ada di UU KUP pasal 13, pasal 14.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • Ibu Nursi, betul sekali,, setiap transaksi terkait dengan pajak khususnya pemotongan dan pemungutan harus dengan bukti potong.

      sekian, smoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  12. mau tanya mas,,,menyangkut sanksi adm telat lapor SPT masa pasal 23,kondisi pph psl 23 di pungut bulan januari dan sampai bulan desember lupa melaporkannya, apakah dendanya diakumulasikan selama 1 tahun atau cuma dibayar 1 bulan saja sebesaR RP.100.000,- tsb. terimakasih.mohon pencerahannya.

    • bapak eka putra, untuk sanksi terlambat lapor itu bersifat satu kali pengenaannya yaitu hanya 100rbu untuk terlambat lapor. selain itu ditambah 2 % kali banyak bulan terlambat, kalau melihat kondisi bapak maka banyaknya bulan adalah 11 (sebelas) bulan kali pph yang telah dibayarkan.

      untuk sanksi itu pembayarannya menunggu surat dari kantor pajak ya pak..

      sekian, semoga bisa membantu.,๐Ÿ™‚

  13. Mas, saya telat lapor SPT OP 2013, dan resign bulan Oktober 2013( sampai skrg tidak bkerja lg/IRT). Karena tidak nerima A1 dari kantor lama jadi bablas ga tau klo mesti tetep harus lapor. Tetep kena 100rb ya? Dan harus ke kantor pajak sesuai NPWP atau boleh di mana aja? atau bisa via pos untuk kirim SPTnya? makasih.

    • ibu juwita,, untuk masalah denda itu menunggu surat dari kantor pajak yang dikirim ke alamat sesuai waktu ibui mendaftar NPWP dahulu.

      jadi ngak perlu buru-buru membayar denda, kalau tidak menerima surat tagihan untuk membayar denda berarti ngak usah membayar.

      untuk kirim SPT maka dikirim ke kantor pajak sesuai waktu membuat NPWP, misal membuat NPWP di semarang dan sekarang tinggal di jakarta maka lapor SPT ke semarang,,, lapornya bisa via pos tercatat (bisa jne/tike/pos kilat).

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  14. Pak ryan bagaimana perhitungan spt tahunan untuk 2014 ya kalau saya masih menggunakan pph pasal 25 dan belum menggunakan pp 46 saya sudah mencicil dr jan-des 2014

    • bapak sugeng, untuk penghitungannya apabila bapak belum menggunakan yg 1% itu,,, sama dengan penghitungan SPT tahun sebelumnya.. yaitu pasal 25 yang telah dibayar menjadi kredit pajak SPT tahunan.

      nanti dalam penghitungannnya, semua penghasilan menjadi obyek pajak, berbeda dengan misalnya menggunakan pp 46 yg 1% itu dimana kalau sudah membayar 1 % maka SPT Tahunan NIHIL.

      So, lakukan pelaporan dan penghitungan sama dengan tahun sebelumnya saja yah pak..

      sekian, semoga bsia membantu ๐Ÿ™‚

  15. Tanya dunk,kalau pajak kegiatan seperti pajak Narasumber/moderator,makan minum,pajak honorarium pegawai periode Desember 2014,baru dibayarkan di tgl 5 Januari 2015 apakah salah???,krn sy memang tdk tahu prosedur/batas wktu pembayaran pajak tsb,karena pd bln Desember 2014 kmrin kantor pos ฯ‘ฮฑฮฎ bank sering gangguan,jd akhirnya dibayarkan pd januari 2015,apakah ฮฑฬ…ฬฒฯ‘ฮฑฬ…ฬฒ sanksi??? Bagaimana solusinya,terimakasih

    • Ibu santi, untuk pembayaran pajak terkait pemotongan yang telah dilakukan pada MASA DESEMBER 2014, memank seharusnya dibayarkan ke kas negara pada maksimal tgl 10 bulan berikutnya dalam hal ini adalah 10 JANUARI 2015.
      sehingga atas apa yang sudah ibu lakukan itu benar.. tentu saja tidak ada sanksinya kalau dilaporkan sebelum tanggal 20 Januari. atau maksimal 20 januari.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  16. Gan, cara input data masa satu tahun lewat e-spt bagaimana ya? Tadi siang saya sdh ke kantor pajak, sdh lengkap semua untuk spt masa. Tapi dimintakan untuk spt masa satu tahun.
    Andai telat lapor untuk sanksinya kira-kira bagaimana ? Soalnya besok sdh tanggal 20 dan kerjaan di kantor saya banyak tidak ada waktu lama untuk antri di KPP

    • ibu kiki, untuk input data selama satu tahun itu tidak bisa dilakukan. yang bisa dilakukan adalah per masa pajak atau per bulan,, jadi ibu bisa masuk ke spt yang akan dibuat kemudian import data..
      dari situ nanti akan dapat mengimport data per bulan..

      apabila telat lapor maka sanksinya adalah 2% per bulan dari jumlah yang kurang dibayar ditambah dengan denda 100ribu rupiah per masa pajak.
      saran saya, lebih baik tinggalkan pekerjaan kantor, datang kantor pajak untuk lapor..
      bisa jadi nilai sanksi itu lebih besar dari gaji ibu.

      sekian.. semoga bisa bermanfaat..๐Ÿ™‚

  17. Mas Ryan, perusahaan saya tidak ada transaksi selama kurang lebih 27 bulan. Dan selama itu pula kami juga absen lapor pajak. Saat hendak lapor kami dikenakan denda. Apakah denda nya itu termasuk yg terlambat melapor PPN dan PPh serta tahunan?? Atau bagaimana? Terima kasih atas bantuannya.

    • bapak siddiq, betul sekali pak, itu termasuk ppn dan pph tahunan. hal itu karena bapak tidak mengajukan permohonan non efektif maka bapak dikenakan denda tersebut.

      sekian,, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  18. Saya mau tanya… saya buka cv bulan juni untuk agen tiket… terus agen tiket baru baru beroperasi nya bulan agustus.. trs saya baru tahu harus lapor bulanan..itu kira” denda nya 100.000/bulan atau bagaimana? Jadii saya harus lapor spt tahunan sama spt bulanan yah?
    Terimakasih sebelumnya

    • Ibu yoan, betul sekali.. ada kewajiban bulanan dan tahunan yang harus dilaksanakan. nanti untuk dendanya ibu silakan menunggu surat dari kantor pajak saja.
      untuk yang belum dibayar, segera dibayar saja untuk menghindari sanksi yang lebih besar lagi..

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  19. pak mau tanya, krna saya baru paham pajak. saya tdk pernah lapor pajak pph 21 masa di tahun 2013. tp saya selalu bayar sebesar Rp 134.000. kalau saya lapor sekarang kira2 denda berapa ya? kalau 2014 saya selalu bayar n lapor tepat waktu. mohon penjelasannya. terimakasih

    • bapak karunia, denda untuk tidak lapor adalah seratus ribu rupiah per masa pajak. untuk proses pembayarannya menunggu surat dari kantor pajak setempat.
      kalau tahun 2014 sudah lapor dan bayar,, berarti sudah beres yah pak..

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  20. Mohon sangat bantuannya,pak…
    Perusahaan kami melakukan pemotongan terhadap pajak karyawan <20 orang setiap bulannya dengan masih menggunakan hasil print/hardcopy, pembayaran dan pelaporan selalu tepat waktu. hanya saja, pada saat pelaporan tidak mencantumkan formulir 1721-I (bukti potong satu masa pajak). setiap pelaporan hanya mengirimkan SPT Induk. tetapi di KPP selalu diterima dan tidak ada penolakan dan juga sudah diberikan tanda terima resmi dari KPP.
    Apakah nanti itu akan timbul masalah…??
    Apakah boleh bukti potongnya nanti cuma waktu melaporkan SPT Tahunan dengan melampirkan bukti potong satu Tahun Pajak??
    Terima Kasih….

    • Ibu ezy, untuk pelaporan spt masa 21 apabila sudah dilaporkan maka itu sudah cukup. untuk perinciannya berikut dengan bukti potong 1721-1 itu hanya dilampirkan di MASA DESEMBER tahun tersebut.. yang mana pelaporannya adalah maksimal tgl 20 Januari.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

      • Terimakasih, pak…
        apakah karyawan yang dipotong PPH nya tersebut nanti tidak dianggap Tidak Setor dan Tidak Lapor pajak setiap bulannya?? karena setiap bulannya tidak disertakan rincian karyawan yang dipotong.

        oya pak, kalau misalnya salah dalam menyampaikan SPT masa atau tahun, itu biasanya pemberitahuan dari KPP nya berapa lama ya pak?? apa bulan berikut nya atau seperti apa? Terimkasih

      • ibu ezy, untuk karyawan yang tidak dilampirkan tetap dihitung dipotong ibu. kemudian untuk masalah lapor dan setor itu adalah kewajiban perusahaan karena disini yang mempunyai kewajiban memotong adalah perusahaan dan karyawan tidak ada..
        jadi untuk karyawan yg utama adalah di bukti potong tahunan yang untuk lapor SPT Tahunan dimana itu merupakan potongan dan penghasilan selama satu tahun pajak.

        Apabila salah dalam pengisian atau dalam penyampaian spt, silakan langsung wajib pajak dalam hal ini perusahaan memperbaikinya kemudian melaporkan SPT yang telah dibetulkan ke kantor pajak secepatnya.

        sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • Bapak susanto, untuk perusahaan yang belum terdaftar tidak tidak terutang pajak karena belum mempunyai NPWP. syarat utama untuk dikenakan denda adalah sudah berNPWP.
      Hanya saja, kalau misalnya perusahaan bapak sudah beroperasi dan melebihi batasan 4,8 M dalam setahun akan bisa ditetapkan oleh kantor pajak untuk mendapatkan NPWP dan biasanya yang rekan saya pernah alami,,, apabila NPWP itu ditetapkan oleh kantor pajak, pajaknya bisa ditarik 5tahun kebelakang.
      saran saya, ada baiknya apabila perusahaan itu akan dioperasikan lebih aman apabila berNPWP terlebih dahulu..

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  21. mohon bantuannya.
    npwp saya jenis jasa dengan kode nomor 82300 (55%), berkas apa saja yang harus saya butuhkan untuk pelaporan ke KPP ? dan penghasilan saya di bawah PTKP. apa saya harus bayar pajak atau tidak? mohon penjelasan detailnya.

    • bapak ogie, untuk jenis KLU sepeti yang bapak sampaikan tadi.. bapak lapor dengan formulir 1770, dimana yang dibutuhkan berkasnya adalah mengisi rincian penghasilan selama satu tahun yang dibagi dalam setiap bulan secara bruto. selain itu apabila ada bukti potong maka dilampirkan bukti potong tersebut.
      terkait dengan penghasilan yang dibawah PTKP, maka bapak tidak perlu membayar karena status SPT nanti adalah NIHIL.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  22. maaf mohon info nya.saya guru honor sudah memiliki npwp dari 2012.tp tidak pernah lapor spt,apakah saya tetap dikenai denda ? jika iya berapa denda yang mesti saya bayar

    • ibu thinie, denda atas tidak melaporkan spt tahunan itu dibayar apabila sudah mendapatkan Surat Ketepan Pajak yang diterbitkan oleh kantor pajak. selama belum mendapatkan itu, maka tidak perlu bayar.
      kemudian untuk spt yang sampai saat ini belum dilaporkan yaitu tahun 2012, dan 2013 maka sebeiknya secepatnya ibu laporkan ke kantor pajak tempat ibu terdaftar.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  23. wktu sya mau ngasih ke KPP berkas yang hrus ada yaitu
    1. formulir 1770
    2. berkas norma 1 lembar
    3. berkas jumlah penghasilan setiap bulan dalam 1thn dengan tabel bulan januari sampai bulan desember
    4. berkas SSP

    itu semua berkas sudah lengkap atau belum? atau ada berkas yg lainnya lagi?

    yang saya bingungkan itu berkas SSP kan surat setoran pajak, itu harus setor uang dengan 1%. ynag saya bingungkan itu di bawah PTKP knp saya harus bayar dengan SSP?

    klw seandainya harus bayar dengan berkas SSP, cara pengisiannya bagaimana? saya bingung dengan form kode akun pajak, kode jenis storan, dan masa pajak.
    untuk jenis jasa dengan kode nomor 82300 (55%) orang peribadi di kode akun pajak, kode jenis setoran y di isi ap?

    mohon penjelasan rincinya, trimakasih sebelumnya telah respon pertanyaan saya sebelunya.

    • Bapak ogie, untuk SSP-nya itu termasuk SSP setoran PP 46 yang 1 % perbulan itu ya pak.

      untuk pembayaran yg 1 % itu tidak melihat PTKP karena itu melihat peredaran usaha. dan sebagaimana kita ketahui bahwa PP 46 itu bersifat final alias tidak dapat dikreditkan.

      untuk lebih rinci, bisa datang ke kantor pajak terdekat bapak, nanti ada petugas helpdesk yg siap membantu mengisi SPT tahunan.

      untuk pengisian SSP sesuai per24 Kode Akun Pajak 411128 KODE JENIS JENIS SETORAN: 420 PPh Final Pasa 4 ayat (2). untuk masa di isi dengan masa/bulan yg akan dibayar. itu untuk pembayarn per bulan yg PP 46 ya pak.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  24. saya mau tanua pak… kalau saya telat menyerahka pajak bulanan yg btas wtunua stiap tgl 20 dan akhir bulan … apakah terkena denda? dua bulan lalu saya terlamtat menyetorkan… tetapi sampai sekaran tidak ada surat pemberitahuan denda dari kantor pajak … tnks

    • iya ibu rischa, akan tetapi selama tidak ada surat denda maka tidak perlu membayar apa-apa.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • ibu sentiana, maksud dari pembayaran itu mungkin pajak yg telah dipotong perusahaan ya ibu? untuk mengecek itu tidak bisa ibu,, disinilah gunanya kita lapor SPT Tahunan ibu. jadi nanti kalau kita lapor SPT tahunan, kantor pajak akan memeeriksa apakah perusahaan telah memotong dengan benar dan telah disetor ke negara dengan benar.

      sekian, smeoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  25. Mau tanya, saya kontraktor untuk spt ppn non bendahara ada transaksi bulan desember untuk ppn ny, belum kita setor dikarenakan pembayaran nya baru keluar bulan februari. Apakah ada sanksi untuk keterlambatan penyetoran ssp ppn nya? Terima kasih.

    • bapak yudha, betul bapak atas transaksi itu kalau memank sudah sesuai dengan kontrak maka nanti akan kena denda sebesar 2 % per bulan dari PPN yg seharusnya dibayarkan..

      untuk pembayaran sanksi itu menunggu surat dari kantor pajak ya pak,.,

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  26. Pak mau tanya,,,
    Apakah kpp bisa mengambil dokumen2 perusahaan yg asli?
    Perusahaan baru berdiri sept 2012, spt tahunan badan thn 2012 sdh dilaporkan. Tapi utk spt tahunan wp op dan wp badan tahun 2013 dan 2014 blm dilaporkan… dendanya brp ya?
    Selain denda, apakah ada sanksi lain?
    Tks…

    • Ibu catherine, kpp bisa mengambil dokumen perusahaan asli? dalam hal apa ya ibu?
      kalau perusahaan dalam proses di periksa oleh kantor pajak maka dokumen asli bisa dipinjam oleh kantor pajak.

      kemudian untuk spt yang belum dilaporkan, ada baiknya segera dilaporkan saja ibu agar tidak semakin banyak denda yg harus dibayar apabila ditagih oleh kantor pajak.
      dendanya adalah 2 % per bulan dari yg kurang dibayar, jadi semakin ibu mengulur waktu maka akan semakin nambah 2 % dari yg kurang dibayar.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  27. Kalau kita telat lapor yang diambil kpp itu lembar ke 3,,, itu kan sy telat lapor hrusnya tgl 20 mlah lapor tgl 26,,, itu sy kena dendanya 100.000 mas? sy hrus bayar kpan? trus bayarnya di mana ya?? trmkasih

    • ibu winda, untuk denda telat lapor nanti dibayarkan ketika sudah mendapatkan surat tagihan dari pajak, selama belum mendapatkan surat tagihan tidak perlu membayar.
      untuk pembayarannnya nanti bisa ke bank terdekat biasa bank mandiri, bni, bca atau bri.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

      • Pak ryan saya mau tanya, boleh tidak saya tetap menggunakan perhitungan norma dan tidak pakai pp 46

        Sent from my iPhone

        >

      • bapak sugeng, silakan bapak apabila bapak mempuanyai penghasilan dari usaha tertentu sesuai keahlian seperti dokter dsb,,

        sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  28. Mas mau tanya, jika kita sudah diperiksa untuk masa pajak tahun 2010,2011,2012 dan sudah diterbitkan surat tagihan pajak atas denda keterlambatan setor ppn apakah kita dapat diperiksa kembali untuk masa pajak yang sama dan apakah bisa dikenakan denda tambahan sehubung tahun pajak yg diperiksa?

    • ibu shanty, terkait dengan proses pemeriksaan,,, atas yang sudah diterbitkan STP dan SKP maka bisa diperiksa lagi apabila ada data baru yang selama pemeriksaan belum ada data tersebut. bisa dari data perbankan atau data lain dari pihak luar dan pihak internal.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  29. Pak saya mau nanya, rekanan dipungut PPN oleh Bendahara . tapi Bendahara telat setor yang kena sanksi siapa? PPN dipungut dan disetor Bendaharawan, tapi SSPnya kan a.n rekanan. Mohon penjelasan . Terima kasih.

    • untuk kasus ibu cita, sanksi telat tersebut seharusnya menjadi kewajiban bendaharawan. tetapi karena disini atas nama ibu maka yg harus membayar adalah ibu.. untuk nilainya itu bisa negosiasi dengan bendaharawan tersebut,

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  30. Saya bingung banget sama cara pengisian SPT. Manual-nya ngga straightforward juga. Kenapa mesti ribet ya? Saya pusing jadinya bikin males mau ngisi.

    • bapak rahadian, bapak bisa langsung datang ke kantor pajak terdekat untuk mendapatkan penjelasan langsung bagaimana cara isinya.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  31. Salam, Pak Ryan

    mau tanya. saya sempat dapat info kalo batas akhir pelaporan PPn dan PPn badan adalah 3 bulan dari faktur pajak dikeluarkan.
    Itu benar gak ya ?

    Terimakasih.
    Salam

    • bapak abdul mungkin ini untuk spt masa ppn ya pak?

      untuk spt masa ppn terkait dengan penerbitan faktur pajak adalah faktur pajak itu hanya dapat dikreditkan maksimal adalah 3 bulan kedepan. jadi kalau belum juga dilaporkan untuk 3 masa pajak alias sudah di masa ke empat maka tidak bisa dikreditkan.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

    • bapak ranil, ini untuk pelaporan SPT Masa ya pak? untuk spt masa asalah SPT itu sendiri dan SSPnya.

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

  32. Mas ryan,
    Saya mau tanya… Telat lapor spt kan kena sanksi denda ya… Nah itu dendanya per bulan atau per tahun? Mohon pencerahan ^^.

    Thx

    • bapak imron, denda terkait telat lapor SPT adalah hanya sekali atas telat lapor ditambah 2 % per bulan apabila telat dibayar,,,

      sekian, semoga bisa membantu..๐Ÿ™‚

      • terima kasih mas riyan, lumayan tercerahkan hehe. btw contoh kronologis saya itu adalah SPT tahunan mas, jadi aturan “ditambah 2% per bulan” tidak berlaku ya mas ryan, cukup Rp.100rb saja y.

        Salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s