Pelayanan Lapor SPT Tahunan di Kantor Pajak Tahun 2014

Alhamdulillah… udah masuk Maret 2014 aja yah..

Padahal masih membekas diingatan kalau baru kemarin perayaan tahun baru, eh tau tau ini sudah Maret.

Hal penting yang harus kita ingat di bulan Maret ini selain tanggal kita gajian adalah mengenai Kewajiban Lapor SPT Tahunan. Hayo sudah lapor belum? Kalau sudah lapor, tentu sudah bisa nyenyak tidur tuh..hehehe..

Seperti kita ketahui bahwa batas waktu pelaporan SPT Tahunan adalah tanggal 31 Maret 2014 untuk SPT Tahunan Orang Pribadi. Akan tetapi, kalau kita perhatikan kalender,,,, lho kok tanggal 31 Maret 2014 tanggal merah? trus gimana lapornya?

Baru baru ini, Direktorat Jenderal Pajak merilis tentang jam pelayanan untuk penerimaan SPT Tahunan. Disana diebutkan bahwa pada tanggal 31 Maret 2014 Kantor Pelayanan Pajak tetap buka. Lantas gimana dong lapornya? Berikut rincian penambahan jam kerja penerimaan pelaporan SPT Tahunan untuk seluruh Kantor Pelayanan Pajak di Indonesia.

No. Hari Tanggal Jam Kerja
(Waktu Setempat)
1. Sabtu 22 Maret 2014 10.00  s.d. 15.00
2. Sabtu 29 Maret 2014 10.00  s.d.  15.00
3. Senin*) 31 Maret 2014 09.00  s.d.  12.00
4. Sabtu 26 April 2014 10.00  s.d.  15.00
5. Rabu 30 April 2014 08.00  s.d.  20.00

*) Tidak berlaku bagi KPP dan KP2KP di Pulau Bali dan bagi pegawai DJP yang merayakan Hari Raya Nyepi.

 

Bagaimana? lumayan bukan? Paling tidak kita bisa lapor di jam pulang kantor.

Akan tetapi, apakah anda masih mau berdesak-desakan untuk lapor? Atau masih mau ikut antrean panjang hanya untuk lapor SPT Tahunan?

Kalau anda tidak ingin merasakannya serta ingin mendukung program penyelamatan hutan kita, ada cara MUDAH, AMAN, serta FLEKSIBEL untuk lapor SPT Tahunan.

Seperti apa?

Silakan baca artikel saya yang ini yah..

18 thoughts on “Pelayanan Lapor SPT Tahunan di Kantor Pajak Tahun 2014

    • yang dibawa ketika lapor, cukup SPT Tahunan yang akan dilaporkan beserta dengan bukti potong dari perusahaan tempat bekerja. ada baiknya yg dibawa itu fotocopi saja, yang asli ditinggal dirumah.
      smoga bisa membantu.🙂

  1. mau tanya Pak, saya kan mulai kerja bulan oktober 2013, punya npwp november 2013 apa maret ini saya juga sudah harus lapor dan bayar spt tahunan. Atau mulai tahun depan lapornya?

    • iya ibu anggi. Karena ibu sudah terdaftar di tahun 2013 maka ibu mepunyai kewajiban untuk lapor penghasilan di tahun 2013. Bahkan misalnya ibu membuat NPWP pada tanggal 31 Desember 2013, ibu juga harus lapor penghasilan di tahun 2013.
      Kewajiban lapor SPT tahunan itu timbul setelah ibu mempunyai NPWP, walaupun misalnya ibu tidak mempunyai penghasilan tetap mempunyai keajiban untuk lapor.
      So, silakan ibu melaporkan penghasilannya pada 2013 ke KPP terdekat sebelum akhir maret 2014.

      sekian,, smoga membantu.🙂

  2. mau tanya pak untuk formulir 1770 orang pribadi saya menggunakan norma. Namun sejak juni 2013 kan diwajibkan pajak 1% dr omset usaha bruto yang bersifat nal (final) kan? sehingga pengitungan pph tidak lagi mengikuti norma. nah ini bagaimana?
    saya sudah bayar pajak mengikuti norma sekaligus setahun, lalu juga sudah membayar yang 1% sejak juni 2013.
    ini sangat membingungkan bagaimana tatacara pelaporan nya dalam SPT 1770.

    • Untuk yg pertanyaan pak adi kok belum ada balasan jawabannya yah Pak Ryan?
      Saya juga mau tau utk solusi permasalahan spt yg ditanyakan pak Adi tgl 19 Maret’14, mohon dapat dijawab, thanks sebelumnya.

      • owh iya ibu..
        sudah saya jawab.

        silakan kalau ada pertanyaan lagi.

        sekian, smoga bisa membantu.🙂

    • Untuk pelaporan 1770,
      1.Silakan buat peredaran bruto untuk 1tahun.
      2.isikan jumlah peredaran bruto bulan januari sampai dengan bulan juni ke 1770-I halaman 2 Bagian B
      3.Isikan jumlah peredaran bruto bulan Juli sampai dengan desember ke 1770-III Bagian A No.16 yaitu PENGHASILAN LAIN YANG DIKENAKAN PAJAK FINAL
      DAN/ATAU BERSIFAT FINAL. Silakan masukkan berikut yg sudah dibayar.
      4.Lampirkan bukti pembayaran PPh 25 masa Januari s.d Juni dan PPh Pasal 4 Ayat 2 Masa Juli s.d Desember guna melengkapi SPT Tahunan.

      Sekian, smoga bisa membantu..🙂

    • maaf pak, untuk hari sabtu itu hanya untuk pelaporan SPT Tahunan saja.
      Kalau bapak misalnya tidak bisa ijin dihari kerja, silakan hari sabtu bapak datang aja minta formulir permohonan NPWP trus di isi, nanti dihari kerja berikutnya bisa dinatar anaknya atau istrinya dengan membawa surat kuasa. Atau bisa juga daftar onlie melalui fasilitas E-reg.

      sekian, smoga bisa membantu.🙂

    • Untuk penyampaian SPT Tahunan sebelum 31 Maret 2014 bisa dilakukan di KPP mana saja. Bisa ke KPP terdekat atau Dropbox yang diselenggarakan oleh KPP setempat. Apabila bapak baru bisa melaporkan pada 1 April dan seterusnya maka Bapak Budi harus ke KPP Bapak terdaftar.
      So, mari segera laporkan SPT Tahunannya.

  3. Mhon izin pak saya untuk NPWP terbit dibulan Maret “13 dan untuk pelaporan SPT apa saya harus ke KPP waktu saya buat apa ke KPP terdekat ⌣̊┈̥-̶̯͡bị̣̣̥̣̣̣̥s@̤̥̣̈̊̇┈̥-̶̯͡⌣̊ dan untuk penghasilan hanya dari Gaji UMK saja gmn ya cara pelaporannya.
    Terima kasih.
    Dini

    • Untuk pelaporan SPT Tahunan setelah 31 Maret harus ke KPP terdaftar ibu Dini. Apabila letaknya agak jauh, Ibu bisa mengirim lewat Pos tercatat (bukan pos biasa).
      Dalam pelaporannya silakan ibu menggunakan 1770 S atau 1770 SS.

      sekian,, smoga bisa membantu..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s