Cara Menyampaikan dan Formulir SPT Tahunan Tahun 2014

Gak terasa ya, Januari sudah berakhir dan bagi rekan-rekan yang bekerja di bagian keuangan atau jadi bendahara pasti baru bisa bernafas karena baru saja menyelesaikan Laporan Keuangan tahun 2013 kemarin. Selagi masi ada waktu, ada baiknya kita lapor dulu SPT Tahunan kita.. Yupz.. sebelum bulan Maret 2014 datang, bulan sibuk untuk menyusun SPT Tahunan perusahaan, ntar pasti lupa itu buat lapor SPT Tahunan kita sendiri.

Untuk tahun 2014 ini, sama gak sih proses pelaporannya serta formulir yang digunakan?
Hayo, ada yang udah tau belum kalau tahun 2014 ini kita sudah menggunakan PTKP baru?

Ok deh mari kita bahas satu persatu.

Untuk Cara penyampaian SPT Tahunan di tahun 2014 ini kita bisa menggunakan beberapa pilihan sebagaimana tertulis di Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-26/PJ/2012 tentang Tata Cara Penerimaan dan Pengolahan SPT Tahunan, disana dijelaskan bahwa kita bisa lapor melalui 3 cara :

  1. Secara langsung
  2. Melalui POS
  3. Cara lain:

           •Jasa ekspedisi/Jasa Kurir
•E-filing

Dalam hal Wajib Pajak atau kita menyampaikan secara langsung SPT Tahunan maka SPT itu langsung akan diteliti oleh penerima dari Direktorat Jenderal Pajak. Kalau misalnya lengkap maka akan diberi tanda terima dan SPT kita akan diberi stempel LENGKAP.
Lantas bagaimana kalau tidak lengkap?
Kalau misalnya ada yang kurang seperti tanda tangan, kita bisa diminta langsung tanda tangan. Namun, apabila kekurangannya itu tidak bisa kita penuhi saat itu juga maka kita akan diberi Lembar Penelitian SPT.
Owh iya, itu tadi apabila kita menyampaikan SPT Tahunan di Kantor Pelayanan Pajak dimana kita terdaftar atau berdomisili. Kalau misalnya kita lapor di Kantor Pelayanan Pajak bukan tempat kita terdaftar maka proses penelitian langsung itu tidak wajib dilakukan.
Hal yang menggembirakan lagi untuk tahun ini yaitu tidak perlu menggunakan amplop lagi (lumayan kan amplop besar sekarang agak susah dicari dan harganya gak sama dengan amplop kecil dimana amplop kecil seribu bisa dapat 3 (tiga) buah, kalau amplop besar? hehehe.. ).

Kemudian kalau kita memilih menggunakan jasa pos atau jasa ekspedisi/jasa kurir, Direktorat Jenderal Pajak mengakui bukti pengiriman SPT tersebut sebagai tanda terima yang sah, asalkan kita gak menggunakan prangko tempel.

Wah sama saja ya keduanya butuh antre?
Ada yang lebih mudah gak? kan jalanan sekarang banyak yang berlubang tentu saja membuat macet jalanan, belum lagi antre di Kantor Pelayanan Pajak, atau kita harus banyar Jasa ekspedisi.. kan lumayan tuh bisa buat makan daripada buat kirim seperti itu?

Yupz.. Di tahun ini sama dengan tahun lalu dimana Direktorat Jenderal Pajak menyediakan aplikasi lapor SPT online yang realtime melalui internet. Dimana kita bisa menghemat kertas karena gak perlu cetak selagi ngak diminta oleh Kantor Pajak kita terdaftar, ngak perlu antre panjang di KPP dan juga kita gak perlu bermacet-macet ria atau bahkan cuti gara-gara akses ke tempat lapor yang jauh? Wah tentu sayang yak..

Gimana caranya?
Tentu saja melalui E-Filing.. salah satu sarana pelaporan SPT Tahunan secara elektronik yang dapat dilakukan realtime (24/7) dan online. Owh iya, untuk E-Filing ini hanya untuk SPT Tahunan 1770 S atau 1770 SS lho.. yang lain gak bisa lewat website DJP.

Lantas ribet gak itu?
Sangat mudah… semudah kita mau transaksi melalui internet banking.
Dimana kita hanya melalui 3 (tiga) tahap yaitu

  1. Memperoleh E-FIN (Electronic Filing Identification Number)
  2. Mengisi SPT Tahunan
  3. Melaporkan SPT Tahunan

Langkah Pertama –> Memperoleh E-FIN (Electronic Filing Identification Number)
Untuk mendapatkan E-FIN, kita langsung saja datang ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat dengan membawa

  • -Fotocopi NPWP
  • -Fotocopi KTP
  • -Mengisi Formulir Permohonan

Setelah kita mengisi permohonan, lampirkan fotocopi NPWP dan KTP untuk diserahkan ke petugas yang ada, prosesnya hanya satu hari, bisa ditungguin, gak perlu antre panjang.. Mudah bukan?

Langkah Kedua –> Mengisi SPT Tahunan
Setelah mendapat E-FIN, langsung deh buka komputer atau laptop untuk

  • -Registrasi dgn kunjungi http://efiling.pajak.go.id, pastikan alamat emailnya bisa digunakan.
  • -Aktivasi dengan membuka email yang telah kita daftarkan tadi, kemudian klik link yang sudah didapat/
  • -Buat SPT kita. Klik menu SPT 1770 S Wizard, atau SPT 1770 S, atau SPT 1770 SS. Anda akan dipandu dengan wizard.

Langkah Ketiga –> Melaporkan SPT Tahunan
Ketika kita sudah mengisi SPT Tahunan, langkah terakhir adalah mengirimnya, caranya adalah

  • -Minta Kode verifikasi yaitu dgn pilih data SPT – Klik tombol “request token” – buka email u/ dpat kode verifikasi.
  • -Kirim SPT dgn pilih data SPT – Klik tombol KIRIM – Masukkan kode verifikasi tadi.
  • -Buka Email untuk memastikan kita telah melaporkan SPT Tahunan kita, disana kita akan dapat email tanda terima elektronik.

Mudah bukan? sangat mudah karena kita bisa mengerjakannya sambil minum kopi atau sambil lihat TV dirumah.

Ok, kita lanjut ke formulir SPT Tahunan untuk tahun 2014.
Adakah perbedaan SPT antara tahun ini dengan tahun sebelumnya? kalau ada yang berubah, bagian mana? Signifikan gak perubahannya?

Perlu diketahui bahwa untuk SPT Tahunan yang digunakan untuk tahun pajak 2013 masih menggunakan SPT sama dengan tahun sebelumnya selain SPT 1770 SS. So, untuk SPT Tahunan 1770, SPT Tahunan 1770 S, dan SPT Tahunan 1771 gak ada perubahannya. Bagi yang membutuhkan SPT dalam bentuk excel silakan download dibagian bawah artikel ini.

Hayo masih ingat gak perbedaan SPT Tahunan antara SPT Tahunan 1770, SPT Tahunan 1770 S, SPT Tahunan 1770 SS dan SPT Tahunan 1771?

Mungkin yang agak membingungkan adalah antara SPT Tahunan 1770 S dan SPT Tahunan 1770 SS.

Dilihat dari namanya, SPT Tahunan 1770 SS sudah kelihatan.. dimana SS sendiri artinya adalah Sangat Sederhana. SPT ini memang benar-benar sangat sederhana sehingga hampir semua orang yang awam tentang pajak bisa mengisinya. SPT ini ditujukan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang penghasilannya hanya dari satu pemberi kerja dengan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp60 juta setahun dan tidak memiliki penghasilan lain kecuali penghasilan dari bunga bank atau bunga koperasi.

Lalu apa bedanya dengan SPT 1770 S? Bedanya terletak dari penghasilan brutonya, kalau 1770 SS yang berpenghasilan bruto tidak lebih dari Rp60 juta, sementara 1770 S ditujukan untuk yang berpenghasilan di atas Rp60 juta setahun.

Oke mari kita bahas satu persatu..

Formulir 1770

Bentuk Formulir Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Formulir 1770 adalah bagi Wajib Pajak yang mempunyai penghasilan sebagai berikut :

  •  -dari usaha/pekerjaan bebas yang menyelenggarakan pembukuan atau Norma Penghitungan Penghasilan Neto;
  • -dari satu atau lebih pemberi kerja;
  • -yang dikenakan Pajak Penghasilan Final dan atau bersifat Final; dan/atau
  • -penghasilan lain,

Perhatikan bahwa formulir 1770 ini bisa digunakan oleh seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi, dari Wajib Pajak Orang Pribadi yang hanya memiliki penghasilan sari satu pekerjaan, sampai Wajib Pajak Orang Pribadi yang memiliki kegiatan usaha. Bahkan formulir ini dapat digunakan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi yang penghasilan dari berbagai sumber. Karena itulah, maka formulir ini merupakan formulir SPT Tahunan PPh Orang Pribadi yang paling rumit karena harus menampung segala kemungkinan jenis Wajib Pajak. Bagaiaman detil pengisiannya, nanti akan kita bahas di artikel berikutnya.

Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak memiliki penghasilan dari kegiatan usaha atau pekerjaan bebas, tidak disarankan menggunakan jenis formulir 1770 ini karena masih ada jenis formulir yang lebih sederhana yang bisa digunakan yaitu formulir 1770 S atau SS.

Formulir 1770 S

Entuk Formulir SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Sederhana (Formulir 1770 S dan Lampiran-Lampirannya) bagi Wajib Pajak yang mempunyai penghasilan:

  •  -dari satu atau lebih pemberi kerja;
  • -yang dikenakan Pajak Penghasilan Final dan atau bersifat Final; dan/atau
  • -penghasilan lain,

Formulir 1770 S ini lebih sederhana daripada formulir 1770 karena formulir 1770 S tidak menyediakan tepat bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas. Dengan demikian, semua Wajib Pajak Orang Pribadi dapat menggunakan formulir 1770 S kecuali Orang Pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas.

Formulir 1770 SS

Bentuk Formulir SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Sangat Sederhana (Formulir 1770 SS) diperuntukan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang mempunyai penghasilan hanya dari satu pemberi kerja dengan jumlah penghasilann bruto dari pekerjaan tidak lebih dari Rp60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah) setahun dan tidak mempunyai penghasilan lain kecuali penghasilan berupa bunga bank dan/atau bunga koperasi.

Bentuk formulir 1770 SS ini sangat simple karena hanya terdiri satu lembar saja. Hal ini ini bisa dimengerti karena formulir ini hanya ditujukan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang penghasilannyapun sederhana yaitu penghasilan dari satu pemberi kerja dengan jumlah penghasilan bruto setahunnya dibatasi sampai Rp60.000.000,- saja.

Dalam hal Wajib Pajak menyampaikan SPT Tahunan PPh dengan menggunakan Formulir 1770 SS atau 1770 S maka Lampiran Bukti Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21 berupa Bukti Pemotongan 1721 A1 dan/atau 1721 A2 merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Formulir 1770 SS.

Formulir 1771 dan 1771 $

Formulir SPT Tahunan 1771 ditujukan khusus bagi Wajib Pajak Badan. Tidak ada pembagian lagi berdasarkan kesederhaan seperti untuk Wajib Pajak Orang Pribadi sehingga seluruh Wajib Pajak Badan, besar mapun kecil, wajib menggunakan formulir 1771. Begitu juga, apapun jenis badannya, apakah PT, CV, yayasan, koperasi, lembaga, firma, dll, tetap harus menggunakan formulir 1771 ini.

Formulir 1771 $ ditujukan khus bagi Wajib Pajak Badan yang diizinkan untuk menyelenggarakan pembukuan dengan menggunakan mata uang Dollar Amerika Serikat (US$).

Untuk lebih jelasnya silahkan download Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-34/PJ/2010 disini.

Owh iya, sekedar mengingatkan bahwa untuk pelaporan di tahun ini kita sudah menggunakan PTKP baru loh..
Jumlah PTKP terbaru berdasarkan Status Perkawinan adalah sebagai berikut :

  1. * TK/0 = Rp. 24.300.000,-
  2. * K/0 = Rp. 26.325.000,-
  3. * K/1 = Rp. 28.350.000,-
  4. * K/2 = Rp. 30.375.000,-
  5. * K/3 = Rp. 32.400.000,-

Berikut link untuk mengunduh SPT Tahunan 1770 SS Tahun Pajak 2013 yang diambil dari situs resmi Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia.

Formulir SPT Tahunan 1770 SS Terbaru 2013

Dalam melaporkannya, mohon lembar informasi amplop SPT Tahunan tetap diisi. Kalaupun belum sempat di isi, pasti nanti ketika akan melapor diminta mengisi terlebih dahulu.

Mari Lapor SPT Tahunan sebelum 31 Maret 2014…

59 thoughts on “Cara Menyampaikan dan Formulir SPT Tahunan Tahun 2014

  1. Masalah pertama E-filling adalah untuk yang tempat kerja jauh dr KPP, tiadanya waktu ke KPP karena jam kerja KPP hanya sampai jam 16:00. Untuk Jakarta, seharusnya bagian pajak lebih sensitif mengenai pergerakan warga yang sebagian tinggal di luar wilayah kerja.

    • Apabila Bapak Darmawan ingin mendapatkan E-FIN tanpa datang ke KPP terdekat, bapak bisa titip ke Bendahara atau bagian pajak di perusahaannya. Biasanya mereka kan lapor SPT Masa Perusahaan. Untuk SPT Masa PPN kan maksimal akhir bulan berikutnya setelah masa pajak tersebut. Nanti Bapak tinggal mengisi surat permohonan, dilampiri copi KTP n NPWP disertai Surat Kuasa kepada yang akan menyampaikan SPT Masa perusahaan tersebut.

      Sekian, smoga bisa membantu.🙂

  2. Selamat sore Pak Ryan,

    terimakasih atas blog-nya yang sangat mencerahkan dalam hal mengurus pajak. saya mau tanya satu hal.

    Tahun lalu saya tidak mengalami kesulitan untuk membayar pajak karena masih internship dan magang sehingga penghasilan tidak terkena wajib pajak. Namun tahun ini saya ke daerah dan mendapat penghasilan cukup untuk membayar pajak.

    Yang mau saya tanya, gaji yang saya dapat sudah dipotong pajak selama saya bekerja di daerah, tetapi saya tidak mempunyai bukti pemotongan tersebut.

    Apakah saya masih harus membayar pajak lagi atau kira-kira bagaimana ya?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Ibu tinggal minta bukti potong ke perusahaan yg sudah memotong pajak mba, namanya formulir 1721-A1, itu bukti ptong utk perusahaan swasta, utk prusahaan BUMN/PNS formlirny 1721-A2, kl memang 1 thn full d byrkn perusahaan/d potong olh perusahaan pajak pnghasilanny mba, brarti mba tinggal lapor aja tanpa byr lg,, mba lampirkn sj formulir tsb d SPT tahunan yg mba buat..
      Semoga membantu

  3. Pak Ryan, saya tenaga kontrak di salah satu instansi pemerintah, saya masih awam tentang pajak, beberapa bulan lalu saya terlanjur mengurus dan memiliki NPWP, setelah saya pelajari ternyata penghasilan saya dibawah PTKP. bagai mana cara saya melapor dan formulir apa yang saya harus isi, sementara tempat kerja saya tidak pernah mengeluarkan bukti potong karena memang penghasilan saya dibawa PTKP.bisa kah SK saya saya lampirkan sebagai bukti penghasilan? mohon pencerahannya.

    • Bapak Zul Qifli, silakan bapak mencoba datang ke bagian HRD atau bendahara, karena walaupun dibawah PTKP tetap dibuatkan bukti potong. Disana biasanya sudah mencetak bukti potong tersebut karena ada kewajiban dari instansi tersebut untuk melaporkan pemotongannya.
      Apabila sampai Jumat 28 Maret 2014 belum juga diberikan.. Silakan bapak melaporkan dengan formulir 1770. nanti dalam pengisiannya diisi NIHIL dan dilampirkan Surat pernyataan tidak mempunyai penghasilan saja. Karena Bapak tidak bisa membuktikan secara fisik mempunyai penghasilan yang dipotong.
      sekian, smoga bisa membantu.🙂

  4. Selamat Siang Pak Ryan,,

    Tahun lalu saya bekerja di sebuah perusahaan dan penghasilan saya di potong pph, tp sampai saat ini saya tidak mendapatkan formulir 1721-A1, dikarenakan perusahaan tsb tidak beroperasi lgi dan tidak ada yg mengerjakan perpajakannya. Bagaimana saya melaporkan SPT tahunan pribadi?

    Terima kasih.

    • Ibu ika, karena ada ibu tidak bisa menunjukkan secara real penghasilan ibu, silakan ibu melapor dengan 1770. nanti dalam pengisiannya diisi NIHIL. jangan lupa dilampirkan Surat Pernyataan tidak berpenghasilan.

      Sekian, smoga bisa membantu.🙂

  5. Selamat sore pak ryan..td siang sy datang keKPP lapor pajak karyawan. form 1770 SS diterima, tapi yg 1770 S dikembalikan katanya harus melampirkan bukti potong.. klo penghasilan bruto pns >60 jt pakai 1770 S bukti potongnya 1721 A1 atau 1721 A2 pak?

    • Iya bu, tepat sekali.
      Untuk pelaporan SPT Tahunan 1770 s atau 1770 SS wajib melampirkan bukti potong baik itu A1 atau A2. gak harus yang asli, fotocopy boleh kok asalkan jelas hasil fotocopyannya.

      sekian, smoga bisa membantu.🙂

  6. Selamat Malam Pak Ryan,

    Saya adalah pensiunan karyawan swasta, dan selama th 2013 saya tdk punya penghasilan sama sekali, untuk laporan SPT Tahunan saya menggunakan form 1770 SS dan saya lampirkan surat pernyataan tidak berpenghasilan (apakah hrs pakai materai?) dan juga surat dari perusahaan yg menyatakan bahwa saya telah berhenti kerja sejak 2012.

    Mohon info apakah langkah yg sdh saya ambil tsb diatas benar….karena saya baru akan datang ke KPP besok pas di hari terakhir (kelupaan), dan apakah saya bisa kirim laporan tsb ke KPP terdekat atau harus ke KPP dimana wajib pajak terdaftar.

    Terimakasih

    • Mohon maaf Pak Teddy, saya baru bisa online. Apabila bapak tidak mempunyai penghasilan silakan Bapak lapor dengan 1770. Kenapa seperti itu? karena kalau bapak lapor dengan 1770 S atau 1770 SS Bapak diwajibkan melampirkan bukti potong.
      Untuk kondisi bapak, silakan lapor dengan 1770 disertai surat pernyataan tidak berpenghasilan dan surat pernyataan dari perusahaan tersebut.
      apabila sampai hari ini Bapak belum lapor, silakan lapor ke KPP Bapak terdaftar.. Apabila KPP tersebut jauh, bisa lewat Pos tercatat (bukan yg biasa).

      sekian, smoga bisa membantu..🙂

  7. selamat malam pak…
    saya mw tanya pak, pelaporan SPT tahunan untuk owner yang memiliki CV menggunakan form yg mana 1770, 1770s?? saya masih bingung … terimakasih pak🙂

    • kalau ibu tary mempunyai penghasilan lain selain sebagai owner CV tersebut, maka Ibu silakan lapor dengan 1770. Akan tetapi, apabila Ibu HANYA mendapatkan penghasilan dari CV tersebut, silakan Ibu lapor SPT Tahunan dengan 1770 S atau 1770 SS tergantung penghasilan bruto ibu. Kalau kurang dari 60juta maka menggunakan 1770 SS. jangan lupa Ibu, membuat bukti potong dari CV yang ibu kelola untuk dilampirkan dalam SPT Tahunan Ibu.

      sekian, smoga bisa membantu..🙂

    • untuk tahun pajak 2013 ya ibu tiara? silakan… sudah ada artikelnya sendiri, bisa di download..
      Kalau untuk tahun pajak 2014 yang dilaporkan pada tahun 2015 belum ada ibu..

      sekian, smoga bisa membantu..🙂

  8. Assalamu’alaikum. Pak, saya sekarang wajib pajak baru, jadi agak bingung mengisi laporan pajak tahunan. Saya membuat NPWP karena ada keperluan pembagian warisan. Kesulitan saya dalam mengisi formulir 1770SS karena tempat saya bekerja tidak mempunyai NPWP. Bagaimana baiknya saya mengisi formulir pajak. Mohon bantuannya. Wassalam. Agoes Indra.

    • Waallaikumsalam
      selamat siang bapak agus, untuk dalam setiap bulan apakah perusahaan bapak memotong pajaknya?
      kalau memotong berarti perusahaan itu mempunyai NPWP. Dan kondisi sekarang ketika mendirikan perusahaan harus mempunyai NPWP, jadi silakan tanyakan lagi kepada atasan atau bendahara tempat bekerja.
      Apabila belum juga, silakan isi SPT yang 1770, untuk pengisiannya bisa langsung datang ke kantor pajak terdaftar untuk dibimbing cara mengisinya.
      pelayanan di kantor pajak gratis..

      sekian, semoga bisa membantu.🙂

  9. Selamat sore Mas,
    saya mau tanya, kalo penghasilan dari satu tempat kerja dan penghasilan bruto < dari 60 jt maka hanya perlu lapor pake Formulir 1770 SS aja atau 1770 SS dan 1770?

    • selamat siang ibu nur, kalau penghasilan kurang dari 60juta dalam setahun maka ibu hanya lapor 1770 SS saja. tidak ditambah yang lain dengan melihat kondisi ibu sekarang.

      sekian, semoga bsia membantu..🙂

  10. selamat malam nih bu/mas, mau nanya sekedar info aja, spt pajak tahun 2015 ada tidak sih? kalau tidak ada buktinya apa yah? soalnya diberi tugas sama guru.. jadi bingung jawabnnya.. tolong bantuaannya ya..

    • ibu desi, silakan cek di artikel terbaru saya. sudah saya post SPT Tahunan terbaru dalam bentul Excel.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  11. Saya berhenti kerja sejak thn 2010, saya punya NPWP dulu bayar pajak dan mengisi spt tahunan melalui kantor.sampai sekarang saya tidak punya pekerjaan. saya ingin ngisi SPT tahunan.apakah form yg harus sy isi 1770? dan harus melmpirkan suran keterangan tidak bekerja? dan kalau Perusahaan terakhir sy bekerja sudah tidak beroperasi bagaimana??

    • Bapak yusman, apabila kondisinya bapak tidak bekerja di tahun 2014, maka betul yang bapak sampaikan..
      Bapak TETAP lapor SPT Tahunan, yg mana menggunakan formulir 1770 nanti dilampirkan surat keterangan tidak bekerja yang bapak tanda tangani sendiri.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

      • Pak Ryan,
        Sudah 4 tahun saya tidak mengisi SPT tahunan karena saya tidak tau dan mengerti. Kalau misal saya mengisi SPT tahunan untuk thn 2015 ini apa ada sanksi or denda krn saya tidak mengisi SPT tahun selama 4 tahun ini?

        TrimaKasih

      • Bapak yusman, denda itu itu ada bapak,,, maka oleh karena itu ada baiknya segera melaporkannya.

        denda itu timbul apabila bapak mendapatkan surat dari kantor pajak, selama bapak tidak mendapatkan surat tagihan dari kantor pajak maka tidak perlu membayar apa-apa.

        sekian, semoga bisa membantu..🙂

  12. Sore mas, saya dulu kan kerja di perusahaan A dan sudah punya NPWP, gaji jg dipotong oleh perusahaan. Namun beberapa bulan saya resign, dan hingga saat ini saya belum dapat bukti potong A1 padahal udah saya minta berkali2 ke perusahaan A. Hingga sekarang saya masih pengangguran. Kira2 pelaporan SPT nya gimana? Trims mengingat bukti surat pengunduran diri dan A1 juga tidak ada

    • ibu dina, untuk pelaporannya ibu menggunakan formulir 1770 dengan dilampirkan surat keterangan tidak bekerja yang ditanda tangani oleh ibu sendiri.

      sekian,, semoga bisa membantu..🙂

  13. sore pak ryan.
    saya masih awam dlm urusan pajak. tahun 2013 kemaren baru dapet npwp dan akun e-filling. ini pertama bagi saya, dan saya mau coba pake e-fin. saya menggunakan spt 1770ss. urutannya kan isi spt terus minta kode verifikasi setelah itu kirim. setelah itu apa?
    1.apakah kita harus bayar pajak sesuai dengan total pajak terhutang atau kita cuma lapor spt saja tanpa bayar sepeserpun?

    mohon pencerahan

    • selamat sore juga pak aryo, untuk SPT dengan formulir 1770SS itu berarti bapak sudah dipotong oleh perusahaan yah pak? karena sebagaimana kita tahu bahwa 1770SS itu untuk karyawan yang hanya dari satu pemberi kerja.
      Apabila sudah dipotong oleh perusahaan itu cukup lapor saja bapak.
      Dan biasanya untuk 1770SS itu NIHIL alias sudah dipotong oleh perusahaan, sehingga tidak perlu bayar pajak lagi.
      untuk langkah setelah kirim spt melalui efiling, proses sudah selesai yang mana bisa bapak cek dengan bukti elektronik yang bapak dapatkan melalui email.. apabila belum mendapatkannya, berarti proses bapak belum selesai.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  14. Mas, saya karyawan toko yang penghasilan pertahun kurang dari 20 juta ,dibawah PTKP,, pertengahan 2014 saya ngurus npwp karena saya aktif nulis dan salah satu syart buat dapet nerima hadiah pemuatan harus punya npwp,,

    kemarin saya dpt surat penyampaian SPT,, saya coba ubek2 google dan melihat formulir2nya. saya pikir awalnya formulir 1770 ss yang sesuai dgn saya, tapi setelah tahu harus ada formulir 1721 A1 saya bingung, soalnya kantor nggak pernah potong gaji saya,dan saya buat npwp pun karena urusan pribadi bukan karena kantor. penghasilan dibawah PTKP juga,,Lalu saya menyampikan SPT dengan form apa, terus terang saya sama sekali nggak ngerti waktu lihat kolom formulir dan hitung-hitungannya. apa saya nggak perlu lapor SPT, tapi diancam denda 100ribu. bisa dibantu Mas.. Terima kasih.

    • Bapak febri, terkait dengan apa yg bapak sampaikan tadi,,

      Bapak membuat untuk keperluan mendapatkan honor atas fee dari menulis..
      apabila bapak mendapatkan hadiah maka itu sudah dipotong oleh pemberi hadiah, tinggal minta saja bukti potongnya ke tempat yg memberi hadiah.

      atas kondisi bapak, bapak perlu melaporkan dengan 1770 ya bapak. nanti untuk pengisiannya bisa datang ke kantor pajak dengan membawa bukti potong dari pemberi hadiah atau fee. kalaupun tidak ada, dirinci saja jumlah penghasilannya perbulan berapa.. nanti datang ke kantor pajak terdekat untuk dibantu cara mengisi spt tahunannya.

      sekian, semoga bsia membantu..🙂

    • Bapak febri, terkait dengan apa yg bapak sampaikan tadi,,

      Bapak membuat untuk keperluan mendapatkan honor atas fee dari menulis..
      apabila bapak mendapatkan hadiah maka itu sudah dipotong oleh pemberi hadiah, tinggal minta saja bukti potongnya ke tempat yg memberi hadiah.

      atas kondisi bapak, bapak perlu melaporkan dengan 1770 ya bapak. nanti untuk pengisiannya bisa datang ke kantor pajak dengan membawa bukti potong dari pemberi hadiah atau fee. kalaupun tidak ada, dirinci saja jumlah penghasilannya perbulan berapa.. nanti datang ke kantor pajak terdekat untuk dibantu cara mengisi spt tahunannya.

      sekian, semoga bsia membantu.. 🙂

  15. Pak,mau tanya apa bedanya formulir 1770s sama 1770 wizard,,masing2 digunakan untuk wajib Pajak yg Bagaimana,,trims

    • Bapak Eko, untuk pengisian SPT dengan Efiling ada dua pilihan yaitu dengan wizard dan tidak dengan wizard. kalau dengan wizard itu kita menjawab pertanyaan satu per satu, jadi nanti akan ada pertanyaan yg sudah disiapkan oleh sistem dan bapak tinggal menjawab.

      formulir 1770 digunakan untuk yang mempunyai usaha sendiri
      formulir 1770 S digunakan apabila hanya mempunyai penghasilan dari pemberi kerja dimana penghasilan itu lebih dari 60juta dalam satu tahun peredaran brutonya.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  16. pagi mas ryan, mau tanya nih kebetulan ini pertama kali saya punya CV dan ikut beberapa lelang. untuk memperoleh SPT tahunan berarti harus laporkan pribadi dan cv ya ?

    untuk cv apakah bisa lewat e-filling atau hanya yang pribadinya saja ?

    trims,

    • bapak gunawan, iya betul bapak.

      spt pribadi apabila hanya dari menjadi direktur perusahaan maka lapor bisa via online dengan meminta efin terlebih dahulu ke kantor pajak.

      sedangkan untuk spt perusahaan itu harus dilaporkan dengan datang langsung ke kantor pajak tempat perusahaan terdaftar.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  17. Sore pak Rian,saya masih bingung cara pengisian SPT Tahunan OP 2014 yg memakai PP 46 Final/bln itu gmn ya pak???apakah lembar 3 SSP nya nanti turut di lampirkan pak??
    mohon infonya pak,terima kasih.

    • sore ibu emmy, betul sekali ibu,, nanti bukti setor yaitu SSP lembar ketiga dilampirkan dalam SPT Tahunan yang akan dilaporkan.
      untuk pengisian detail bisa langsung datang ke kantor pajak, nanti ada petugas yang akan membantu,.,

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  18. pagi pak, saya ingin bertanya sudha 7 bulan ini saya tidak lagi bekerja dan tahun 2015 ini harus laporan pajak, dan untuk format pajak pribadi 1770 ss sudha berubah format sedangkan saya setelah risen dari kantor tidak mendapat bukti potong pajak saya . lalu bagaimana ya saya isi pajak saya ini . tolong dibantu

    • ibu fany, apabila ibu tidak mendapatkan bukti potong dari perusahaan maka ibu silakan lapor dengan formulir 1770 nanti dilampiri surat pernyaaatn tidak berpenghasilan yang bermaterai.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  19. maaf saya mau tanya, saya baru bekerja di sebuah PT yang juga baru beroperasional pada awal maret 2015, ternyta NPWP perushaaan terbit pada tahun 2011 sedangkan memang tidak ada kegiatan sama sekali dari tahun 2011-2015 ini, lalu jika ingin lapor SPT apa yang harus saya lakukan? terima kasih

    • ibu permata, apabila sudah terdaftar di tahun 2011 maka ibu silakan bikin SPT Tahunan perusahaan mulai tahun 2011 sampai tahun pajak 2014.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  20. Mas Ryan, saya masih belum faham kalau pensiunan swasta yang sudah tidak ada penghasilan bulanan tetap ( beda dng pensiunan PNS yg dapat bulanan ), mengapa harus pakai form 1770 ya. Bukankah 1770 ada 1770-I s/d 1770-IV. Apakah semua itu harus ikut disertakan dalam laporan? Dalam SPT 1770 SS nampaknya juh lebih sederhana. Mengapa utuk pensiunan swasta tidak memakai formulir 1770 SS ? . Mohon pencerahan. Tks Hardi, Jakarta

    • bapak hardi, sayang sekali disini belum dijelaskan penghasilan pensiunan itu seperti apa. apakah penghasilan diluar yaitu atas usaha/pekerjaan atau seperti apa.
      apabila atas suatu usaha/pekerjaan lain setelah pensiun maka memank menggunakan 1770 apabila dari usaha itu belum dipotong pajak oleh pemberi kerja.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  21. Saya mencoba membuat c.v tahun lalu dan sampai saat ini belom aa kegiatan atau bisa di katakan pasif . apa yang mesti di laporkan dengan tidak adanya kegiatan atau saya isikan surat pernyataan saja. atau harus melampirkan formulir 1771 yg tersedia di web pajak .dengan isian NIHIL ? atau ada cara lain yang lebih simple yg bertujuan hanya lapor bahwa badan tidak aktif ? bagai mana cara pengiriman laporannya apakah bisa mengunnakan jasa pos ?terima kasih

    • bapak sudar, atas pembuatan NPWP atas perusahaan maka bapak harus teta lapor SPT tahunan dengan status nihil. yang perlu diperhatikan adalah semua formulir harus dilampirkan dan di isi serta nanti dilampirkan surat pernyataan kalau pada tahun tersebut tidak mempunyai kegiatan/.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  22. Assalamualaikum, Agustus 2014 saya membuat NPWP untuk kepentingan membeli reksadana yang jumlahnya < 1jt di bank karena iseng penasaran coba investasi bukan karena disuruh oleh kantor. Saat ini saya bekerja di kantor dengan penghasilan <60jt dalam setahun, kantor saya tidak memotong pajak gaji setiap bulannya, sehingga saya tidak bisa melaporkan bukti pemotongan pajak oleh kantor. Bagaimana saya harus melaporkan SPT? Form apa yang harus saya isi? dan apakah reksadana juga harus saya laporkan lewat SPT? Mohon masukannya karena ini pertama kalinya saya melaporkan SPT.

    • waallaikumsalam
      ibu siti, untuk kondisi ibu maka ibu lapor dengan formulir 1770 SS, kemudian dihitung berapa yang harus dibayar, kekurangan bayarnya silakan dibayar ke bank terdekat baru kemudian lapor ke kantor pajak terdekat.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  23. salam pak.
    saya mau lapor spt thn 2015. tp kmren d tolak krna npwp pekanbaru. dan saya bkerja d jkrta. bgaimana tindkan yang seharusny di lakukn?
    kemudian untuk th 2014 sya tdk melaporkan spt krena resign seblm akhir thun. dn tdk mndptkan laporan potong dr perusahaan sblm ny. apakah hal tsb di laporkan kembali

    • bapak yuher, sayang sekali tidak dijelaskan atas SPT orang pribadi atau perusahaan.

      itu dimana bapak? atas perusahaan atau orang pribadi?

      kalau orang pribadi bisa lapor dimana saja, dikantor pajak terdekat.

      untuk yg belum dilaporkan maka segera dilaporkan ya pak.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  24. mas ryan mau tanya, saya bekerja di pt. A selama – 9 bulan setelah itu saya menganggur, bulan ini dapat kiriman spt dan ternyata ada pajak terhutang selama saya menganggur. apa itu wajib dibayar? sedangkan saya sudah tidak bekerja lagi?

    • ibu nurfa, sayang sekali disini tidak dijelaskan bulan apa berhenti bekerja, usahanya apa, kerja dimana, kiriman spt itu dalam bentuk apa?

      apabila ada surat yg perlu dibayar, silakan ibu konfirmasi ke kantor pajak yg menerbitkan surat tersebut untuk mendapatkan info terkait apa surat itu diterbitkan..

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  25. Sy baru pertama kali ini melaporkan SPT tahunan dengan formulir 1770SS, secara langsung melapor ke KPP terdekat, dan menerima tanda terima SPT tahunan berwarna kuning, tapi tanda terima yg sy terima kok berbeda dengan tanda terima pada umumnya. Apa ada tanda terima sementara atau memang berbeda tergantung dari KPP wilayahnya? Setelah sy dapat tanda terima tsb, sy langsung menanyakan kepada petugas dan ia yakinkan sudah beres. Mohon infonya. Terima kasih.

    • ibu anna, tanda terima spt itu warnanya berbeda tiap kantor, jadi tidak masalah.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

      • Tidak ada keterangan seperti “tanda terima ini merupakan bukti penerimaan yang sah sepanjang SPT telah diterima lengkap” dan ada nomor ‘036’ di atas tanda terimanya, namun ada stempel dan tanda tangan yg tertera. Terima kasih responnya pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s