Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Tahun 2014

Februari oh februari…
pasti yang kepikiran adalah kok banjir dimana-mana ya?
Trus pasti banyak waktu kita yang terpakai untuk ngurusin itu banjir.. Mulai dari bersih-bersih rumah/kontrakan/kantor dan menikmati macet yang semakin hari tambah parah saja.
Yupz.. rutinitas itu bisa jadi melupakan salah satu kewajiban kita kepada negara ini. Apa itu?
Apalagi kalau bukan salah satu dari 2hal yang tidak bisa dita hindari di dunia ini yaitu pajak (kan yang gak bisa dihindari adalah mati dan pajak).

Untuk tahun 2014 ini pelaporan pajak dengan SPT Tahunan sampai dengan 31 Maret untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April untuk Wajib Pajak Badan. jangan lupa kalau tanggal 31 Maret 2014 itu jatuh pada hari senin dan itu adalah hari libur nasional.

Trus gimana dong kalau misal tanggal 28 Maret 2014 alias hari Jumat lupa lapor?
yak… daripada repot mikirin harus antre panjang saat lapor langsung, mikirn tanggal merah mau liburan atau pulang kampung atau mikirin gak bisa keluar kantor karena pekerjaan banyak diwaktu jam kerja, lebih baik lapor secara online yang bisa realtime.. mau lapor jam brapa aja bisa !!! mau jam 23.59 WIB-pun bisa lho..
Berikut kelebihan lapor dengan E-Filing :

  1. Penyampaian SPT dapat dilakukan secara cepat, aman, dan kapan saja (24/7).
  2. Murah, tidak dikenakan biaya pada saat pelaporan SPT.
  3. Penghitungan dilakukan secara tepat karena menggunakan sistem komputer.
  4. Kemudahan dalam mengisi SPT karena pengisian SPT dalam bentuk wizard dan formulir.
  5. Data yang disampaikan WP selalu lengkap karena ada validasi pengisian SPT.
  6. Ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas.
  7. Dokumen pelengkap (Fotokopi Formulir 1721 A1/A2 atau bukti potong PPh, SSP Lembar ke-3 PPh Pasal 29, Surat Kuasa Khusus, Perhitungan PPh terutang bagi Wajib Pajak Kawin Pisah Harta dan/atau Mempunyai NPWP Sendiri, Fotokopi Bukti Pembayaran Zakat) tidak perlu dikirim lagi kecuali diminta oleh KPP melalui Account Representative (AR).

Gimana caranya?
Lapor aja dengan E-filing.

Apa itu E-filing? E-Filing adalah salah satu cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dapat dilakukan secara online dan realtime melalui website.

Trus bagaimana caranya? Ribet gak?
Lantas ribet gak itu?
Sangat mudah… semudah kita mau transaksi melalui internet banking.
Dimana kita hanya melalui 3 (tiga) tahap yaitu

  1. Memperoleh E-FIN (Electronic Filing Identification Number)
  2. Mengisi SPT Tahunan
  3. Melaporkan SPT Tahunan

Langkah Pertama –> Memperoleh E-FIN (Electronic Filing Identification Number)
Untuk mendapatkan E-FIN, kita langsung saja datang ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat dengan membawa

  • -Fotocopi NPWP
  • -Fotocopi KTP
  • -Mengisi Formulir Permohonan

Setelah kita mengisi permohonan, lampirkan fotocopi NPWP dan KTP untuk diserahkan ke petugas yang ada, prosesnya hanya satu hari, bisa ditungguin, gak perlu antre panjang.. Mudah bukan?

Langkah Kedua –> Mengisi SPT Tahunan
Setelah mendapat E-FIN, langsung deh buka komputer atau laptop untuk

  • -Registrasi dgn kunjungi http://efiling.pajak.go.id, pastikan alamat emailnya bisa digunakan.
  • -Aktivasi dengan membuka email yang telah kita daftarkan tadi, kemudian klik link yang sudah didapat/
  • -Buat SPT kita. Klik menu SPT 1770 S Wizard, atau SPT 1770 S, atau SPT 1770 SS. Anda akan dipandu dengan wizard.

Langkah Ketiga –> Melaporkan SPT Tahunan
Ketika kita sudah mengisi SPT Tahunan, langkah terakhir adalah mengirimnya, caranya adalah

  • -Minta Kode verifikasi yaitu dgn pilih data SPT – Klik tombol β€œrequest token” – buka email u/ dpat kode verifikasi.
  • -Kirim SPT dgn pilih data SPT – Klik tombol KIRIM – Masukkan kode verifikasi tadi.

Mudah bukan? sangat mudah karena kita bisa mengerjakannya sambil minum kopi atau sambil lihat TV dirumah.
Lantas bukti tanda terimanya gimana?
Kalau lapor dengan E-Filing ini kita dapat tanda terima secara online juga. Jadi nanti setelah kita kirim SPT Tahunan kita akan dapat email berupa bukti tanda lapor SPT Tahunan.
Mudah bukan?

Ayo dicoba, pasti ntar ketagihan..πŸ™‚

52 thoughts on “Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Tahun 2014

  1. Bagaimana kalau untuk Badan tetapi badan tersebut belum berjalan dari semenjak pendirian Badan tersebut….tks.

    • Kalau untuk badan tidak bisa menggunakan fasilitas E-Filing melalui website DJP, bisa dengan E-Filing dari perusahaan ASP.
      Akan tetapi, apabila bapak ingin menggunakan E-Filing tersebut biayanya ckup besar.

      Saya sarankan Lapor manual saja dengan menggunakan formulir yang sudah disediakan oleh Kantor Pelayanan Pajak terdekat atau bapak bisa download di artikel ini (Cara Menyampaikan dan Formulir SPT Tahunan Tahun 2013).
      Dalam pelaporannya Bapak silakan mengisi dengan Status NIHIL. Owh iya, walaupun Badan tersebut belum berjalan tetap mempunyai kewajiban untuk lapor SPT Tahunan.

      Smoga bermanfaat..

  2. Ping-balik: Pelayanan Lapor SPT Tahunan di Kantor Pajak Tahun 2014 | Forum Diskusi Pajak

  3. maksud saya om ryan, utk daftar biar dpt e-fin, pas februari masih bisa via online.. sekarang harus kopi darat gitu untuk buat e-fin nya..hehehe

  4. Ping-balik: Perpanjangan Jangka Waktu Penyampaian SPT Tahunan | Forum Diskusi Pajak

  5. Ping-balik: Batas Lapor SPT OP Diundur Sampai 30 April 2014 | Forum Diskusi Pajak

  6. saya baru pertama kali ngurus pajak, apalagi ini pajak badan pak. perusahaan kami sudah berjalan hampir 6 bulan. tapi masih belum mendapatkan laba. apakah itu sama saja dengan pelaporan status “NIHIL” ?

    • iya, tepat sekali ibu Dita.
      Kewajiban perpajakantimbul setelah perusahaan mendapatkan NPWP, walaupun tidak mempunyai penghasilan misalnyam tetap harus lapor SPT Tahunan.
      Pelaporannya dengan status NIHIL.

      sekian, smoga bisa membantu..πŸ™‚

  7. mohon nanya soal peraturan baru soal pengenaan pajak 1% omset, itu gimana kalau Badan?/koperasi tani(KOPTAN? Padahal koperasi menjual dengan margin 2% blm lagi biaya, shu pengurus,karyawan cadangan,pendidikan,resiko, dll?,rasanya kok gak masuk akal? Dan juga pengenaan pajak OP yg pedagang / yg ambil margin 2-3% dari omset dan terkadang rugi, trus gimana kalau di kenakan 1% omset? m

    • bapak utomo, untuk pajak 1% itu dari omset.
      jadi perhitungannya tidak perlu memperhatikan hal lain.
      Cukup 1% x omset = pajak terutang.

      Kalau bapak kesulitan, coba menggunakan cash basis,, jadi penghitungannya berdasarkan uang riil..
      jadi bapak gak perlu berhutang misalnya mau bayar pajak.

      ssekian,,, smoga bisa membantu.πŸ™‚

  8. Juga mohon tanya nih soal wajib pajak OP( contoh usaha ayam petelur yg mana krn fluktuasi harga,rata2 margi 2% netto, bahkan belakangan banyak yg rugi akibat mati banyak ada yg hingga 100% trus gimana kalau di kenakan 1% trus kerugian juga dari mana kompensasinya? Mhn pencerahannya! Trims.

  9. Ping-balik: Hal-hal yang perlu diperhatikan menjelang berakhirnya April 2014 | Forum Diskusi Pajak

  10. saya sudah daftar di e-reg.. tapi sudah 3hari belum ada kiriman pos SKT dan NPWP saya, itu kenapa?

    • kondisi saat ini banyak kantor pajak yang dalam kegiatan surat menyurat menggunakan jasa pos biasa.. so, biasanya paket itu datangnya agak lama. pernah saya mengalaminya pak, paling cepat itu 7hari pak karena lewat pos.πŸ™‚

      sekian, smoga bisa membantu pak andi.πŸ™‚

  11. Pak, maaf pertanyaan saya melenceng dari topik di atas. Saya karyawan yang baru saja pindah perusahaan tahun lalu. Dan ternyata laporan pajak dari kedua perusahaan harus di satukan. Tetapi menurut AR yg saya temui setelah melihat bukti potong pajak dari kedua perusahaan tersebut saya di hitung kurang bayar. Padahal ddi masih2 perusahaan sudah nihil. Mohon pencerahannya pak. Terima kasih.

    • Bapak marunda, betul seperti yang disampaikan oleh AR tersebut pak, karena disini bapak menggunakan dua kali PTKP dalam satu tahun. Padahal PTKP atau Penghasilan Tidak Kena Pajak tiap Wajib Pajak adalah hanya satu kali dalam satu tahun.
      Ada baiknya bapak menemui AR tersebut untuk konsultasi bagaimana mengisinya, pasti nanti akan dipandu sampai tuntas pak.πŸ™‚
      Sekian, smoga bisa membantu.πŸ™‚

    • Betul Ibu shanty, Laporan keuangan itu merupakan salah satu lampiran wajib dalam pelaporan SPT Tahunan Badan.. walaupun laporannya berupa NIHIL statusnya.

      sekian, smoga bisa membantu..πŸ™‚

    • Selamat siang ibu mila, untuk pengisian SPT Nihil di lapkeu silakan di isi data aset perusahaan, hutang dan modal serta kas yang ada.
      nanti untuk biaya dan keuntungan di isi 0 (nol) saja.

      sekian, semoga bisa membantu.πŸ™‚

  12. Bayar pajak berkenaan dana BOS cuma seratus ribuan lebih , dibayar via POS, ongkos transport ke POS kecamatan PP Rp 50.000, Harus melapor lagi ke kantor pajak di kabupaten dengan biaya transport PP mencapai Rp 300.000 belum biaya makan. Yang paling parah, Peserta didik terbengkalai gara-gara PELAPORAN saja…😦

    • Bapak Yovi, untuk pembayaran pajak sekarang sudah bisa dilakukan melalui ATM. jadi tidak perlu ke bank atau kantor pos.

      kemudian untuk pelaporan bisa dilakukan dengan pos dengan tanda pengiriman dianggap sebagai tanda terima.

      sekian, semoga bisa membantu..πŸ™‚

  13. mau mengambil skripsi ttg efiling badan, kira2 kendala apa saja yg dihadapi wp bila menggunakan aplikasi efiling? mengapa efiling blm banyak digunakan oleh perusahaan di indonesia? terimakasih pencerahannya..

    • Ibu Ochi, kendala utama penggunaan Efiling oleh perusahaan adalah biaya ibu. biaya lapor dengan e filing itu sangat sangat mahal karena menggunakan pihak ketiga dalam pelaporannya.

      sekian, semoga bisa membantu πŸ™‚

  14. pak, klo suatu perusahaan itu rugi, sedangkan sekarang pph final 1% dari omzet. misal omzet 500 juta bearti 1% nya itu 5jt. sedangkan net incomenya justru mengalami kerugian. itu perlakuannya gmn? apa ttep byar pajak? trmksh

    • Ibu Mira, terkait dengan PPh sesuai dengan PMK 46, betul sekali. semua perhitungannya itu dengan omset.
      terkait dengan pembayaran pajaknya, kalau misalnya perusahaan ber operasi, maka harus membayar,, tetapi kalau tidak beroperasi, ada baiknya mengajukan permohonan non efektif agar tidak perlu membayar pajak tersebut.

      sekian, smoga bisa membantu..πŸ™‚

    • Selamat pagi ibu yusnita, kalau telat segera dilaporkan saja. karena semakin ibu menunda pemmbayaran atau sudah dibayar tapi tidak segera lapor maka ada sanksi sebesar 2% per bulan. So, segera dibayar dan dilaporkan.
      untuk prosesnya sama dengan ketika tidak telat ibu. nanti terkait dendanya menunggu surat dari kantor pajak.

      sekian, semoga bisa bermanfaat.πŸ™‚

  15. Selamat Siang Pak. Mau Tanya mengenai laporan SPT Tahunan Pribadi. NPWP terbit April 2014 dan masuk sbg penghasilan bruto tertentu. untuk pelaporan penghasilan bulan januari sampai dengan maret 2014 bagaimana pak ? (Januari maret penghasilannya belum membayar pph final 1% sebab belum ada NPWP.). Apakah penghasilan jan-mar masih mengunakan perhitungan non final ?. Terima kasih.

    • bapak darma, untuk pelaporan SPT Tahunan dengan kondisi sepert yang bapak alami.. maka tepat apa yang bapak sampaikan tadi. jadi untuk yg belum dibayar secara final dihitung dengan penghitungan non final. sehingga nanti dalam SPT Tahunan untuk bulan januari sampai maret merupakan obyek pajak SPT Tahunan, penghasilan april sampai desember masuk ke penghasilan final dan itu tidak perlu digabung dengan yg januari sampai maret tadi..

      sekian,, semoga bisa membantu..πŸ™‚

      • Selamat Siang Pak Ryan.

        Beberapa hari lalu saya telp kring pajak mengenai permasalahan yang saya sebutkan diatas. dan menurut beliau untuk pph final 1% bulan jan – maret 2014 (Sebelum terbit NPWP tetap harus dibayar dan nanti perhitungannya 1 tahun final semua. Apakah ada masukan lain Pak Ryan ?. Terima kasih atas masukannya.

        Darma S.

      • selamat pagi bapak darma, sampai saat ini aturan bakunya memank belum ada untuk hal ini.. jadi silakan bapak mau menggunakan yang mana,, bisa sepperti diatas juga.

        sekian.. semoga bisa membantu..πŸ™‚

  16. pak mau tanya spt badan thn 2014 kan terakhir lapor 30 april 2015
    bagaimana cara pembuatan spt nya?
    apa sama formatnya dgn 2013, sedangkan kita setiap bulan sdh byr 1% dr omset perusahaan ( PPH pasal 4 ayat 2)
    saya kira kita sdh byr 1% dr omset tdk perlu lapor spt badan lagi
    terima kasih

    • ibu anita, untuk SPT Tahunan itu bersifat wajib lapor walaupun itu NIHIL.
      Jadi ibu harus lapor juga sebelum 30 april 2015.
      formatnya sama dengan tahun sebelumnya, dimana semua lampiran wajib dilampirkan walaupun kosong misalnya.

      untuk pembuatan spt tahunan, nanti apabila sudah dibayar yg 1 % maka status SPT adalah NIHIL dimana untuk omset dimasukkan dalam penghasilan final.

      sekian, semoga bisa membantu..πŸ™‚

  17. Sore mas Ryan
    Mau tanya…untuk SPT OP dengan status MT apakah lampiran HB&MT harus di isi? Karena jika di isi terdapat kurang bayar, sedangkan dari Bukti potong A1 sudah Nihil. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • sore ibu citra,

      betul ibu untuk di isi. iyah betul nanti statusnya adalah kurang bayar, hal ini dikarenakan ada PTKP yang dimasukkan double,, sehingga ada yg kurang dibayar.

      sekian, semoga bisa membantu..πŸ™‚

    • silakan ibu menggunakan formulir 1770 dengan dilampirkan surat pernyataan tidak mempunyai penghasilan.

      sekian, semoga bisa membantu..πŸ™‚

      • Formulir 1770 itu cuma 1 lembar ya pak? Yang saya isi? Trus saya buat Surat pernyataan tulis tangan boleh kan? Jadi saya masukan laporannya 2 lembar aja kan? Benar tidak Pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s