Tata Cara Pendaftaran NPWP Terbaru

Ada yang baru lho di Tahun 2014 ini terkait pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). bagi rekan-rekan yang belum mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) prosesnya sekarang lebih mudah. Dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang ada dan kita dapatkan pasti terdaftar dan bisa digunakan untuk transaksi.

Kenapa bisa begitu?

Emank kemarin-kemarin ada gitu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang tidak bisa digunakan?

Yupz.. kemarin-kemarin ada NPWP yang tidak bisa digunakan untuk transaksi. Hal itu dikarenakan tahun kemarin kita mengenal yang namanya Surat Keterangan Terdaftar Sementara (SKTS) dimana surat itu bagi sebagian orang dianggap sudah memenuhi syarat kalau NPWP yang ada disana merupakan NPWP miliknya. Padahal NPWP yang tertera di SKTS belum di setujui oleh Kantor pelayana Pajak Terdaftar bisa jadi dikarenakan berkasnya tidak dikirim ke Kantor Pelayanan Pajak dimana kita terdaftar.

jadi? kalau sekarang lebih aman dong?

pastinya lebih aman…

Perlu diketahui bahwa jangka waktu penyelesaian Pendaftaran NPWP adalah 1(satu) hari kerja sejak permohonan pendaftaran NPWP diterima secara lengkap. Apabila Wajib Pajak melakukan pendaftraran secara online melalui Sistem e-Registration 1(satu) hari kerja dihitung sejak informasi pendaftaran, melalui Sistem e-Registration tersebut, diterima Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Agar pelayanan dapat dituntaskan dalam jangka waktu satu hari, Formulir Pendaftaran NPWP harus diisi secara lengkap dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Data pendukung yang perlu disiapkan oleh Wajib Pajak untuk mengisi formulir permohonan adalah sebagai berikut:

  1. Dokumen yang disyaratkan sebagai kelengkapan permohonan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP):
    1. Untuk Wajib Pajak orang pribadi, yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas berupa:
      1. fotokopi Kartu Tanda Penduduk bagi Warga Negara Indonesia; atau
      2. fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), bagi Warga Negara Asing.
    2. Untuk Wajib Pajak orang pribadi, yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas berupa:
      1. fotokopi Kartu Tanda Penduduk bagi Warga Negara Indonesia, atau fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), bagi Warga Negara Asing; dan
      2. dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa.
    3. Dalam hal Wajib Pajak orang pribadi adalah wanita kawin yang dikenai pajak secara terpisah karena menghendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, dan wanita kawin yang memilih melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya secara terpisah, permohonan juga harus dilampiri dengan:
      1. fotokopi Kartu NPWP suami;
      2. fotokopi Kartu Keluarga; dan
      3. fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.
    4. Untuk Wajib Pajak badan yang memiliki kewajiban perpajakan sebagai pembayar pajak, pemotong dan/atau pemungut pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, termasuk bentuk usaha tetap dan kontraktor dan/atau operator di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi, berupa :
      1. fotokopi akta pendirian atau dokumen pendirian dan perubahan bagi Wajib Pajak badan dalam negeri, atau surat keterangan penunjukan dari kantor pusat bagi bentuk usaha tetap;
      2. fotokopi Kartu NPWP salah satu pengurus, atau fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa dalam hal penanggung jawab adalah Warga Negara Asing; dan
      3. dokumen izin usaha dan/atau kegiatan yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa.
    5. Wajib Pajak badan yang hanya memiliki kewajiban perpajakan sebagai pemotong dan/atau pemungut pajaksesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, termasuk  bentuk kerja sama operasi (Joint Operation), berupa :
      1. fotokopi Perjanjian Kerjasama/Akte Pendirian sebagai bentuk kerja sama operasi (Joint Operation);
      2. fotokopi Kartu NPWP masing-masing anggota bentuk kerja sama operasi (Joint Operation) yang diwajibkan untuk memiliki NPWP;
      3. fotokopi Kartu NPWP orang pribadi salah satu pengurus perusahaan anggota bentuk kerja sama operasi (Joint Operation), atau fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa dalam hal penanggung jawab adalah Warga Negara Asing; dan
      4. dokumen izin usaha dan/atau kegiatan yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa.
    6. Untuk Bendahara yang ditunjuk sebagai pemotong dan/atau pemungut pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan berupa:
      1. surat penunjukan sebagai Bendahara; dan
      2. Kartu Tanda Penduduk.
    7. Untuk Wajib Pajak dengan status cabang dan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu berupa:
      1. fotokopi Kartu NPWP pusat atau induk;
      2. surat keterangan sebagai cabang untuk Wajib Pajak Badan; dan
      3. dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa.

Oleh karena itu, perlu sekiranya persiapkan dahulu syarat-syarat pendaftaran tersebut biar segalanya lebih mudah dan cepat.

Untuk pendaftarannya sendiri dapat dilakukan dengan cara :

  • Secara Elektronik melalui eRegistration

Dilakukan secara elektronik dengan mengisi Formulir Pendaftaran Wajib Pajak pada Aplikasi e-Registration yang tersedia pada laman Direktorat Jenderal Pajak di www.pajak.go.id. Dokumen- dokumen yang dipersyaratkan di atas, kemudian dikirimkan ke KPP tempat Wajib Pajak mendaftar. Dokumen-dokumen tersebut paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sudah diterima oleh KPP. Pengiriman dokumen yang disyaratkan dapat dilakukan dengan cara mengunggah (upload) salinan digital (softcopy) dokumen melalui Aplikasi e-Registration atau mengirimkan dengan menggunakan Surat Pengiriman Dokumen yang telah ditandatangani.

  • Secara Langsung

Dalam hal Wajib Pajak tidak dapat mengajukan permohonan pendaftaran secara elektronik, permohonan pendaftaran dilakukan dengan menyampaikan permohonan secara tertulis dengan mengisi dan menandatangani Formulir Pendaftaran Wajib Pajak. Permohonan tersebut harus dilengkapi dengan dokumen yang disyaratkan.

Permohonan secara tertulis disampaikan ke KPP atau KP2KP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan atau tempat kegiatan usaha Wajib Pajak. Penyampaian permohonan secara tertulis dapat dilakukan:

  1. secara langsung;
  2. melalui pos; atau
  3. melalui perusahaan jasa ekspedisi atau jasa kurir.

Setelah seluruh persyaratan Permohonan Pendaftaran diterima KPP atau KP2KP secara lengkap, KPP atau KP2KP akan menerbitkan Bukti Penerimaan Surat. KPP atau KP2KP menerbitkan Kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) paling lambat 1 (satu) hari kerja setelah Bukti Penerimaan Surat diterbitkan. NPWP dan SKT akan dikirimkan melalui Pos Tercatat.

Silakan download Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Orang Pribadi Baru di sini

Silakan download Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Badan Baru di sini

Kegiatan Pelayanan ini dimulai pada saat Wajib Pajak menyampaikan berkas permohonan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan berakhir pada saat Petugas KPP menyerahkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kepada Wajib Pajak. Output yang dihasilkan oleh jenis pelayanan ini adalah SKT dan NPWP.

 

UNTUK PENDAFTARAN NPWP SECARA ONLINE SILAKAN KUNJUNGI HALAMAN BERIKUT INI..

Klik disini..

186 thoughts on “Tata Cara Pendaftaran NPWP Terbaru

  1. saya baru saja mendaftarkan diri sebagai wajib pajak melalui e-Registration. Berapa lama sih nunggu email konfirmasi supaya saya bisa melanjutkan skenario berikutnya? Terima kasih.

    • Biasanya langsung dapat balasan Pak Djito. Kalau Bapak belum juga mendapatkannya, silakan cek di Spam terlebih dahulu.

      kalau sampai belum juga mendapatkannya, segera hubungi call centernya saja Pak di 500200.

      sekian, smoga bisa membantu..🙂

    • Langsung dikirimkan pak, makanya ketika registrasi sekaligus bapak buka emailnya. biasanya ketika sudah submit, akan muncul pilihan mau NPWPnya diambil manual atau mau dikirim by surat, kalau manual nanti bapak diminta untuk klik token yang tersedia dimana nomor tokennya akan diemail ke alamat email yang terdaftar sebelumnya dan biasanya langsung masuk hanya sekian menit saja. lalu buka e-mail kemudian copy kodenya masukkan kolom yang diminta klik sumbit selesai lalu tekan SPD (surat pengiriman dokumen) yang digunakan sebagai bukti bapak untuk ambil NPWPnya yang dilampirkan dengan fotocopy KTP bapak . semoga bisa membantu ya

  2. saya mau tnya ,
    saya sdng dimakassar dan sdh daftar di e-Registration
    bisa gx dokumen diwakilin oleh istri saya dijkarta ke kntor pajaknya ?

    tq

    • bisa bapak, silakan bapak membuat surat kuasa atas kegiatan tersebut.
      perlu saya sampaikan bahwasannya dokumen itu gak harus dikirim langsung, bisa juga melalui jasa pos tercatat. nanti untuk NPWP-nya akan dikirim oleh KPP dimana bapak terdaftar.
      Akan tetapi, apabila Bapak sangat berkentingan dalam arti buru-buru bisa datang langsung ke kantor pajak tersebut/diwakilkan dengan surat kuasa.

      sekian, smoga bisa membantu.🙂

  3. mau tanya, setelah saya isi lengkap data-data di eregistrasinya kemudian status sudah lengkap dan kemudian saya sudah klik nomer token kemudian sudah saya kirim datanya permohonan NPWP secara online, apa harus tetap kirim dokumen secara pos ? soalnya syarat fotokopi ktp udah diunggah dan kirim lewat eregistrasi. nanti apa harus nunggu balasan email? kok saya login lagi di eregistrasi ga bisa ya padahal kemarin bisa. apa server down

    • tidak perlu kirim lagi pak kalau statusnya sudah lengkap.
      tinggal ditunggu saja pak nanti akan dapat kiriman kartu NPWPnya. apabila dalam 2minggu belum jga mendapatkan NPWP silakan segera hubungi kantor dimana bapak seharusnya terdaftar atau hubungi 021 500200 yang merupakan call center DJP.
      Estimasi 2minggu itu rinciannya seperti ini. dalam sehari saja setiap kantor pajak ada paling tidak 100 yang mendaftar baru. Dan belum tentu pegawai disana masuk semua, ada yg cuti atau ada yg sakit misalnya. kemudian untuk 1minggu selanjutnya adalah waktu pengiriman pos-nya. karena kantor pajak saat ini dalam pelayanan menggunakan pos biasa,, pengalaman saya dapat suratnya sekitar seminggu pak.

      sekian, smoga bisa membantu pak suko.🙂

    • maaf mas ryan tergantung bapak pilih metode pengambilan npwpnya seperti apa, kalau pake surat ya tinggal tunggu saja, tapi kalau ambil sendiri harus datang ke KPP

      • owh iya bapak syihab,,,

        terimakasih atas tambahan jawabannya. betul sekali.. apa yg bapak sampaikan..🙂

  4. mlm min.. klw k.npwp nya bisa d cetak d kpp terdekat ga?? saya reg scara online .tapi domisili di ktp beda ama tempat tinggal..
    ktp saya tasik apa bisa cetak d kpp jakrta??tnk

    • diperbolehkan mencetak ulang, asalkan NPWP tersebut sudah benar-benar terdaftar. kenapa seperti itu, karena proses registrasi online tidak sehari jadi, jadi telp ke kantor pajak terdaftar untuk memastikan atau telp ke 500200 sebagai alternatif untuk memastikannya.

      sekian, smoga bisa membantu🙂

    • ini untuk wajib pajak badan ya ibu?
      kalau wajib pajak badan, harus disertai dengan bukti2 pendirian perusahaan. sedangkan untuk membuat mendapatkan npwp cabang maka harus membuat Npwp pusat terlebih dahualu yg kode belakangnya 000 baru kemudian mendaftarkan untuk yg cabang. persyaratan sama saja hanya perlu dilampirkan NPWP pusatnya.. karena nanti nomor npwp-nya sama, yg beda hanya kode dibelakangnya yaitu 001 dst.

      sekian, smoga bisa membantu🙂

  5. Pak, saya mau tanya,apakah untuk pembuatan NPWP baru hrus di KPP sesuai dg KTP atau bisa di cabang lain?trus gmna prosesnya?

    • untuk pembuatan NPWP secara pribadi wajib di KPP terdaftar atau kantor pajak sesuai dengan KTP pak. kalau misalnya gak bisa datang ke kantor pajak tersebut bisa melalui online pak. nanti NPWP akan dikirim via pos. berikut alamat untuk registrasi online.. https://ereg.pajak.go.id/

      sekian, smoga bisa membantu🙂

  6. Saya mau tanya
    Apakah pengurusan npwp pribadi langsung ke kantaor pajak juga harus menunggu balasan melalui pos ?
    Terimakasih

    • sebagian besar seperti itu pak andy, karena memank peraturannya menyebutkan begitu. Hanya saja kantor pajak tertentu yang pendaftarannya sedikit langsung dikasih ditempat.
      ada baiknya, telp dulu kantor pajak seharusnya terdaftar, kalau memank ujungnya lewat pos, saya sarankan daftar online saja, jadi gak repot antre..🙂
      sekian, smoga bisa membantu🙂

  7. saya mau tanya,, kenapa saya tidak bisa login kembali secara online padahal kemarin saya bisa ,hingga semua berkas sudah saya kirim .. trus status terkirim .. nah .. sekarang saya mau pastikan lagi ne rupanya tidak bisa login .. kenapa seperti itu..???
    mohon dibantu…???

    • coba dipastikan kembali di email yang terhubung ibu, nanti bisa lupa pasword. Kalau masih belum juga berhasil, ada baiknya langsung ke KPP terdaftar untuk memastikan berkas sudah sampai dan sudah diproses.🙂

      Sekian, smoga bisa membantu.🙂

  8. Malam Pak Ryan.. Saya mau tanya klo misalnya saya belum bekerja saat ini tapi ada rencana melamar pekerjaan, apakah saya ttp bisa mengajukan pendaftaran npwp? Terima kasih..

    • Ibu susanti, silakan bu, bisa bu. nanti untuk data pekerjaan karena itu wajib diisi bisa di isi sesuai kenyataan saja. Apabila kurang yakin dengan jawabannya dalam pengisian formulir permohonan pendaftaran silakan ditanyakan kepada petugasnya disana.

      Sekian, smoga bisa membantu.🙂

  9. Setahun lalu (akhir Juli 2013) saya mendaftar npwp by online, saya sudah print Surat Keterangan Terdaftar Sementara dan Formulir nya. Saya pun sudah mengirim dua kertas tersebut ke KPP Pratama Depok via JNE. Namun sampai sekarang kartu NPWP belum dikirim ke rumah saya (krn setahu saya daftar NPWP online, bisa dikirim via JNE dan kartu dikirim ke rumah wajib pajak – sayangnya saya terlalu percaya informasi ini..pegawai negeri mana sih yg rajin bgt bakal inisiatif kirim dokumen bgituan ke rakya)t..Sangkin sibuknya sampai skarang saya belum mendatangi kantor pajak tsb, rencananya sblum lebaran mau ke sana, tapi saya cari informasi kemari dulu, takut2 malah kena pungli aneh2 nanti pas sampe sana, cuma gara2 udh stahun ga diambil npwp nya.
    Anehnya, selama setahun ini, gaji saya dipotong pajak dan berhasil dipotong melalui npwp yg setahun lalu saya daftar itu.
    Pertanyaan saya:
    1.Mungkinkah jika saya ke KPP Pratama Depok, akan dikenakan denda karena hampir setahun tidak ambil nomor NPWP?
    2. Apa mungkin nanti saya bakal disuruh bikin nomor NPWP lg,gara2 npwp kemarin kelamaan gak diambil kartu nya? Jika ya, lalu nomor npwp saya yg lama yg sudah terlanjur biasa dipakai kantor buat motong pajak gimana..bisa di delete?

    Tolong ya..saya sudah coba telepon ini ke kring pajak, kantor kpp depok, tapi masya allah,,tidak ada yg pernah angkat..minta ampun susahnya.

    Terima kasih

    • Bapak Corrie, terkait pertanyaan bapak,,
      1. Dalam proses pembuatan NPWP tidak ada pungli sama sekali, kalau ada silakan telp ke 500200 atau langsung bilang kepada petugas tersebut untuk ketemu dengan kepala seksi pelayanan KPP Depok. sampaikan masalah kepada beliau. pasti nanti akan segera selesai.
      2. Ada kemungkinan pak, karena ada perubahan sistem dalam pembuatan NPWP di akhir 2013 kemarin. siapkan dahualu saja fotocopi NPWP. Apabila nanti diminta bikin lagi, NPWP yang baru silakan dicopi dan copiannya diserahkan ke bendahara untuk mengubah NPWP bapak. NPWP yang lama bisa di delete karena tidak terdaftar (karena ada kemungkinan belum di approve)

      Sekian, smoga bisa membantu.🙂

    • bapak Arief, bapak bisa menanyakan nomor induk/pusat ini ke perusahaan tempat bapak bekerja. Nomor yang dimaksud adalah nomor NPWP perusahaan tempat bekerja pak.

      Sekian, smoga bisa membantu.🙂

    • Wah kalau pos, tidak tau berapa lama karena itu dipengaruhi oleh kapan berkas itu diterima oleh KPP termpat kita akan mendaftar. kalau pos, kadang walaupun satu kabupaten bisa 5hari belum sampai (pengalaman). Ibu winda, ada baiknya datang langsung saja, lebih cepat. Atau daftar melalui online yaitu melalui eRegistration yaitu melalui link berikut ini https://ereg.pajak.go.id/
      Nanti berkas cukup diunggah saja gak perlu dikirim selama tidak ada permintaan kirim dokumen.🙂
      sekian, smoga bisa membantu.🙂

  10. mas mau tanya, untuk wanita yang belum menikah apakah bisa memakai NPWP ayah kandung? dan bagaimana perhitungannya? trims

    • ibu nina, untuk NPWP itu boleh cabang hanya apabila mereka sudah bersuami/istri.. bukan karena saudara.
      Jadi, apabila belum menikah, silakan buat saja NPWP baru tanpa acuan NPWP orang lain. Gak boleh memakai NPWP ayahnya.

      Sekian, smoga bisa memabantu.🙂

  11. Kalo username dan password ereg nya nggak valid kenapa ya? Padahal di beberapa jam sebelumnya masih bisa cek status.

    • coba telp ke 500200 saja pak fadeal.. karena biasanya pasword itu bisa digunakan lama.🙂

      sekian, smoga bisa membantu.🙂

  12. pak Ryan, saya ingin membuat NPWP tetapi alamat domisili saya berbeda dgan yg d KTP, jd kemarin saya sudah registrasi online dan statusnya sudah kirim, langkah selanjutnya apa?

    • ibu anggraeni, dalam pembuatan NPWP mengacu pada KTP jadi nati NPWP juga mengikuti alamat KTP.
      ketika status sudah dikirim, itu berkas yg yg di upload sudah semua ya? kalau sudah semua, tinggal menunggu proses dari Kantor Pajak sesuai KTP. Nanti akan dikirim lewat pos untuk NPWP-nya.
      Apabila dalam waktu agak lama tidak segera datang NPWPnya, maka silakan hubungi Kantor pajak tersebut,, bisa juga telp ke 500200.
      Jangka waktu agak lama itu paling tidak 2minggu. asumsi karena kantor pajak menggunakan jasa pos.. pos itu biasanya lebih lama daripada jne atau tiki.

      sekian, smoga bisa membantu.🙂

  13. Malam, min. saya mau nanya, kalau sekarang saya baru mau buat npwp, Apakah saya harus membayar semua denda pajak yang dulunya saya tidak bayar?

    • bapak fendi,, kewajiban perpajakan itu timbul ketika kita mempunyai NPWP. jadi, kalau bapak baru mau bikin berarti tidak punya tunggakan. kecuali kalau sudah punya NPWP sebelumnya dan mau bikin cabang.

      Sekian, smoga bisa membantu🙂

  14. saya mau nanya. saya daftar npwp lwat online.. ktp saya ktp medan tapi saya tinggal di bekasi.. trus di pilihan alamat saya masukin alamat bekasi trus di bagian alamat domisili(ktp) saya isi sesuai ktp medan.. trus statusnya udh terkirim.tapi di KPP Pemroses kok KPP Bekasi ya.. atau emang bgitu.. mohon bantuannya.. terimakasih

    • ibu melanie, seharusnya semua isian itu mengacu pada KTP karena itu alamat yg terakui oleh pemerintah. untuk kasus ibu, bisa di coba tunggu dulu,, siapa tahu ketika submit permohonan, aplikasi dari sana sedang ada gangguan.
      Kalau misalnya sudah 2minggu, bisa segera telp ke 500200.

      sekian, smoga bisa membantu.🙂

    • bapak eko, sudah disampaikan diatas pak.
      saya copikan ya pak.

      Secara Elektronik melalui eRegistration

      Dilakukan secara elektronik dengan mengisi Formulir Pendaftaran Wajib Pajak pada Aplikasi e-Registration yang tersedia pada laman Direktorat Jenderal Pajak di http://www.pajak.go.id. Dokumen- dokumen yang dipersyaratkan di atas, kemudian dikirimkan ke KPP tempat Wajib Pajak mendaftar. Dokumen-dokumen tersebut paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sudah diterima oleh KPP. Pengiriman dokumen yang disyaratkan dapat dilakukan dengan cara mengunggah (upload) salinan digital (softcopy) dokumen melalui Aplikasi e-Registration atau mengirimkan dengan menggunakan Surat Pengiriman Dokumen yang telah ditandatangani.

      sekian, smoga bisa membantu.🙂

  15. min, saya udah lakukan proses ereg untuk NPWP OP sejak 2 hari yang lalu (Sabtu) tapi setelah semua isian diisi (mudah2an tidak ada yang salah/ terlewat) tombol rekamnya tidak dapat diklik. Itu bagaimana ya? Apa memang perlu beberapa saat sampai akhirnya bisa ngeklik itu?

    • bapak edwin, kalau untuk pendaftaran online dan tombolnya tidak dapat di klik untuk save,, ada kemungkinan ada yang belum terisi.
      kalau seperti kondisi bapak, ada kemungkinan di broser tempat bapak mengisi dimana “chace”-nya penuh sehingga perlu dibersihkan.
      setelah dibersihkan bisa dicoba lagi pak.

      sekian, smoga bisa membantu.🙂

  16. Min saya sudah daftar secara online. untuk alamat saya isi Tangerang dan berbeda dengan alamat KTP saya,saat ini keterangan di sistemnya KPP terdekat KPP Tangerang timur itu artinya Kart NPWP akan dikirim ke alamat saya yang dtangerang atau gimana min?thx

  17. iya pak tombol rekam nya ngak bisa di klik . terus bagaimanakah untuk membersihkan “chace” nya tersebut. tolong info nya pak?

    • bisa buka mozilla-nya..
      kemudian pilih Tools – advance – Network – Clear Now

      TUnggu sebentar.. kalau sudah KLIK OK.

      sekian, smoga bisa membantu.🙂

  18. mau tanya, apa beda mendaftar sebagai perorangan dengan yang perorangan menjalankan usaha..?
    dan jika saya menjalankan usaha kecil seperti kerajinan apa harus yg menjalankan usaha?

    • Bapak Ariy, perbedaan mendaftar perorangan dan perorangan yang menjalankan usaha adalah kalau untuk perorangan itu penghasilannya dari satu atau lebih pemberi kerja dalam arti bapak HANYA sebagai karyawan suatu perusahaan atau instansi pemerintah.
      Sedangkan untuk perorangan yang menjalankan usaha maka bapak tidak hanya sebagai karyawan. Dalam kasus bapak.. silakan bapak mendaftar perorangan yang menjalankan usaha karena ada kegiatan usaha yang bapak lakukan.

      Sekian, smoga bisa membantu..🙂

  19. Min, saya uda daftar NPWP by online. Respon nya cukup lama ya dari pihak KPP itu sendiri. 2 bulan dari mendaftar sama baru mendapatkan konfirmasi. Nah, pertanyaan saya, setelahs aya dapat konfirmasi yg berisi nomor NPWP saya, apakah saya harus datang ke kantor KPP terkait kah untuk mengambil kartu NPWP nya? Karena di dalam email konfirmasi tersebut ada tertulis: SKT dan kartu NPWP akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal anda. Nah, namun sampai sekarang belum ada pos dari KPP yang berisi SKT dan kartu NPWP saya. Dan saya sudah menerima email konfirmasi tersebut pada tanggal 12 Juni 2014. Mohon pencerahannya.

    • Bapak Cempaka, kalau misalnya bapak sampai saat ini belum menerima NPWP tersebut, silakan bapak datang langsung ke kpp tersebut dengan membawa fotocopy ktp dan print out email tersebut. nanti minta cetak ulang NPWP. Pasti hari itu juga akan dilayani dan urusan akan selesai.

      Sekian, smoga bisa membantu..🙂

  20. KTP saya pasuruan, saya tinggal disurabaya, saya sudah daftar secara online di kpp sesuai KTP, tp blm bisa cetak form pendaftaran, jika ini saya teruskan prosesnya ke kpp surabaya bisa ndak ya.., tks

    • kalau secara online biasanya di proses sesuai KTP ibu fara.
      ada baiknya segera datang ke KPP tempat tinggal yaitu d surabaya dengan membawa fotocopi ktp dan surat keterangan domisili sampai ketua RW nanti bisa di proses di kpp di surabaya.🙂

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

    • bapak rangga, untuk membuat online bisa pak. silakan bapak datang k kpp dimana bapak berdomisili sekarang,, misalnya di surabaya gubeng, silakan bapak kesana dengan membawa fotocopi ktp dan surat keterangan domisili minimal sampai RW setempat, kalau tidak ada antrean panjang dan sistem sedang tidak eror,, sehari jadi pak.

      sekian, smoga bisa membantu..🙂

    • ibu rani, untuk jakarta kebanyakan setiap kecamatan atau bahkan kelurahan itu beda kantor pajaknya. kalau boleh tau, itu masuk kelurahan dan kecamatan mana ya?
      kalau yg ditomang itu KPP Palmerah, itu untuk wilayah kerja palmerah.

      sekian,, semoga bisa membantu..🙂

  21. Mlm Pak, saya pernah daftar NPWP via online sekitar bln. Juli dan SPDnya blom terhapus di inbox saya, apakah saya perlu registrasi ulang? dan bagaimana caranya merubah data pekerjaannya dan alamatnya agar sesuai KTP (seblumnya saya cantumkan alamat domisli, tp KPPnya kebetulan sama).

    • ibu sari, untuk NPWP-nya sendiri sudah jadi belum ya bu?

      kalau semua prosesnya sudah dilalui dan sudah mendapat NPWP, nanti bisa disertakan waktu penyerahan SPT Tahunan untuk perubahan datanya.

      sekian.. semoga bisa membantu..🙂

    • Ibu wina, untuk saat ini hampir semua perusahaan menginginkan karyawan baru sudah memiliki NPWP. So, kalau ibu berkeinginan melamar pekerjaan pasti nanti akan diminta NPWP-nya. ada baiknya buat dulu agar nanti dalam pengurusan kerja bisa fokus.
      apabila belum bekerja, nanti lapor di SPT Tahunannya dengan status NIHIL.

      sekian.. semoga bisa membantu..🙂

  22. halo admin. saya sudah registrasi online 2 hari yang lalu, tepatnya tgl 15 september 2014. Di account saya statusnya sudah “kirim”. Namun saat saya menelpon ke KPP pemrosesnya dikatakan bahwa data atas nama saya tidak ada di database mereka. Ini penyelesaian kasusnya gmana ya min? Kebetulan saat ini saya tidak bisa datang ke KPP asal saya karna alasan pekerjaan. Mohon pencerahannya.. Trus knapa ya min kalo nelpon ke KPP itu lama bgt baru diangkat, dan kesannya seperti tidak ingin menjawab?

    • bapak ridho, untuk berkas yang diperlukan sudah di upload belum ya?

      untuk data bapak, itu prosesnya dari internet -> ke kantor pusat DJP -> ke KPP terdaftar. jadi tidak langsung masuk ke KPP,, ada kemungkinan disitu kenapa lama belum masuk.

      terkait telp yang lama, itu dikarenakan traffic telp di hampir setiap kantor pajak itu tinggi, jadi kemungkinan menunggu itu pasti ada.. apabila kesulitan menelpon kantor tersebut, bisa telp ke 500200.

      saya pernah mengurus pembuatan NPWP juga, kalau datang langsung itu cepat, tapi kalau pos, itu lebih lana.. sama seperti mau lapor ke KPK. apabila datang langsung maka langsung di cek, tapi kalau dikirim via online atau pos itu bisa hampir setahun baru di proses.🙂

      sekian.. semoga bisa membantu..🙂

    • maaf ibu, saat ini status ibu apakah sudah mempunyai suami atau belum?
      apabila sudah maka pilih CABANG,,, sedangkan kalau belum mempunyai suami, maka pilih status PUSAT.

      sekian.. semoga bisa membantu..🙂

  23. saya mau tanya mas…
    saya mau bekerja di suatu perusahaan di jakarta
    sementara saya berdomisili di Kabupaten deli serdang tepatnya di Medan…
    persyaratan yg harus di bawa yaitu NPWP sesuai alamat di KTP
    jd kemarin saya mendatangi KPP LUBUK PAKAM
    saya membaca di informasi klo mengurus nya hanya butuh foto copy ktp
    tetapi sesampai nya dsna saya diminta agar melampirkan surat keterangan bahwa saya bekerja di perusahaan tsb
    bagaimana ini ya mass??????
    thx

    • pak juliana, untuk pengurusan npwp memank membutuhkan fotocopi ktp sebagai syarat utamanya. untuk surat keterangan perusahaan itu tidak wajib. apabila bapak memank saat ini belum bekerja, sampaikan saja kondisinya. nanti untuk di lembar isian untuk pekerjaan bisa di isi pegawai swasta. sedangkan untuk halaman dua untuk jumlah penghasilan di isi paling kecil.
      apabila masih meminta surat keterangan bekerja, bisa konsultasikan ke 021 500200, nanti akan ada solusi.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  24. Min bisa kasih solusi masalah saya enggak !!
    saya kemaren daftar npwp lewat online.
    setelah 2 hari saya mendapat konfirmasi lewat email kalau permohonan saya ditolak dengan alasan sudah terdaftar. saya juga di sms oleh petugasnya kalau saya sudah terdaftar di kpp kebumen. saya langsung komplen karena saya belum punya npwp dan belum pernah buat npwp. dan yang anehnya lagi saya terdaftar di kpp kebumen padahal ktp saya banyumas.
    lalu saya dikirimin screenshoot data npwp saya.
    ternyata benar saya sudah terdaftar. semua datanya sama. hanya berbeda kode wilayahnya. di npwp kode wilayah saya ” prembun – kebumen – jawa tengah ” padahal ktp saya desa prembun kecamatan tambak kabupaten banyumas (kemungkinan ada kesalahan saat pembuatn npwpnya oleh petugas karena di Kebumen juga ada kecamatan prembun) saya sudah terdaftar sejak 29 april 2013. saya juga gak tahu siapa yg daftarin saya (mungkin perusahaan saya)

    Yang jadi peryanyaan : bisa gak saya cetak npwp di kpp cikarang?? (sekarang saya kerja dicikarang. terus kira kira perbedaan kode wilayahnya dipermasalahin enggak nanti. sama syaratnya apa saja.

    • Bapak teguh, saya jelaskan dahulu ya pak sedikit terkait permasalan bapak. untuk nomor NPWP itu satu orang hanya satu NPWP, jadi sudah benar kalau bapak tidak bisa mendaftar lagi. Karena dasar input untuk pembuatan NPWP adalah NIK KTP. Kemudian untuk kenapa bapak bisa mendapatkan NPWP itu mengacu pada peraturan dimana setiap perusahaan besar itu diwajibkan karyawannya mempunyai NPWP karena kalau ada yang tidak maka perusahaannya nanti kena sanksi. jadi ada kemungkinan itu di daftarkan oleh perusahaan secara kolektif.

      terkait pertanyaan apakah bisa cetak NPWP di cikarang? Bisa pak. silakan bapak ke KPP Cikarang untuk minta cetak ulang dengan menunjukkan KTP.
      Perbedaan kode wilayah itu mengacu pada alamat sesuai KTP. untuk saat ini KPP Banyumas memank belum ada. saya kurang tau tepatnya untuk banyumas masuk KPP purwokerto atau KPP Kebumen. untuk kerja atau kebutuhan perusahaan bekerja, kode wilayah tidak dipermasalahkan pak. hanya saja itu nanti berguna apabila ingin kredit atau KPR Rumah.
      apabila bapak berkeinginan ingin mengubah data, silakan bapak datang k kpp kebumen untuk mengubah data dengan mengisi permohonan perubahan data dengan dilampirkan fotocopi KTP.

      Sekian, semoga bisa membantu..🙂

  25. assamualaikum wr wb
    met pagi salam kenal dan salam sejahtera mau nanya pak ryan sekaranag aku lagi online
    persyaranta udah lengkap tinggala nunggu konfirmasi no token
    tapi ko lama ya

    • Waallaikumsalam
      selamat pagi bapak hasan, iya pak karena jaringan itu nasional jadi ada kemungkinan agak lama. biasanya jam keerja dari pagi sampai sore itu sibuk.. coba akses di malam hari, biasanya lebih lancar.

      sekian, semoga bisa membantu.🙂

  26. Pak ingin brtanya. Saya sudah daftar online.. Apakah memang hrus menunggu 2 minggu agar dapat npwp? Karna domisili saya di Batam. Tetapi saya masih stay di Bandung utk saat ini. Kalau saya coba ke KPP terdekat di bandung utk Ulang registrasi apakah bisa langsung jadi??

    • Ibu Amelia, menunggu selama 2 minggu itu hanya estimasi waktu dengan pos. karena NPWP bisa di ambil di hari berikutnya setelah mendaftar apabila itu mendaftar langsung ke kantor pajak terdaftar.
      kalau saran dari saya, coba dipastikan dahulu dengan menelpon ke kantor pajak sesuai KTP untuk memastikan sudah jadi atau belum NPWP-nya. apabila kantor pajaknya susah dihubungi silakan hub 021-500200 untuk menanyakannya. sama saja keduanya.
      kemudian kalau kantor pajak atau 500200 sudah bilang kalau NPWP sudah terdaftar maka ibu bisa minta cetak ulang NPWP di KPP terdekat dengan membawa KTP dan sampaikan kalau sudah menelpon kpp terdaftar atau 500200.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  27. Pak maaf mau tanya saya dulu pernah buat npwp tp hilang dan saya lupa nomor npwp saya gimna ya pak??kalau saya buat lagi via online bisa tidak pak??apa saya harus melapor dulu??

    • Ibu ita, apabila ibu sudah pernah mempunyai NPWP maka NPWP ibu masih aktif terdaftar.
      silakan ibu ke kantor polisi untuk membuat surat keterangan hilang, kemudian nanti datang ke kpp sesuai ktp atau tempat terdaftar untuk minta cetak ulang. dimana sambil membawa surat keterangan hilang dan fotocopi KTP. nanti sama petugas pajak akan dicarikan nomor NPWP ibu dengan melihat data diri di KTP ibu.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  28. Pak mau nanya nih….beberapa wktu lalu saya sdh daftar utk bikin NPWP di kantor pajak, tapi NPWP saya tdk bisa keluar…menurut petugas pajaknya, NIK saya sdh terdaftar atas nama org lain sejak tahun 2009 ( KTP saya KTP elektrik dari tahun 2012 – 2017).
    Agar NPWP saya bisa keluar, dari petugas pajak menyuruh saya mencari org yg sdh memakai NIK saya utk diminta foto copy KTPnya.
    Tapi sampai sekarang saya blm ketemu dng orgnya.
    Tolong pak solusinya yaaaa..thx

    • bapak kevin, untuk orang yg menggunakan NIK tersebut apakah bapak kenal? ada hubungan saudara atau bagaimana?
      kalau misalnya kenal, menunggu dia dahulu. tetapi kalau tidak kenal bisa dilaporkan ke 021 500200, nanti pasti ada solusi disana.🙂

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  29. Mas Rian,
    kalau saya mau sengaja langsung saja ke kpp sesuai domisili ktp, dan mengisi formulir yang disediakan disana bolehkah?
    untuk cara seperti ini, apakah kartu NPWP bisa saya dapat langsung hari itu, atau akan tetap dikirim ke rumah?
    Bisakah saya menuliskan alamat pengiriman kartu yang berbeda dengan KTP, mengingat saya diterima bekerja di jakarta.
    karena di rumah sering takada orang, semua kuliah atau kerja.

    catatan : KPP sesuai KTP saya di KPP Tegallega, jl.Sukarno Hatta Bandung

    • Selamat siang ibu anne, silakan ibu, itu cara paling cepat..
      silakan datang ke kpp kemudian mengisi formulir yang disediakan. nanti trus diserahkan ke petugasnya.
      maksimal hari berikutnya bisa diambil ke kentor tersebut ibu.
      bisa ditanyakan ke petugasnya, kalau bisa ditungguin, tungguin.. kalau ngak bisa, bisa diambil dihari berikutnya.

      sekian, semoga bisa membantu.🙂

  30. Asslmkum
    Maaf sebelum nya saya mau tanya..
    Untuk kami yg status mahasiswa apakah bisa mengurus npwp..sedangkan kmi belum mempunyai pekerjaan atau usa..trmksih
    Wsslmkum

    • Waallaikumsalam bapak indra, untuk mahasiswa bisa membuat NPWP. Nanti untuk kolom pekerjaan di isi pegawai swasta terlebih dahulu. karena katagori mahasiswa belum ada.
      atau bisa dikonsultasikan lebih lanjut ke petugas NPWP apabila bapak datang langsung ke Kantor pajak.

      sekian, semoga bisa membantu.🙂

  31. Saya ingin membuat NPWP cuma katanya profesinya harus sesuai dengan KTP sementara di KTP profesi saya Wiraswasta sedangkan saya sudah tidak berwiraswasta dan sedang bekerja di suatu perusahaan, apakah saya bisa bikin NPWP pribadi tanpa harus menyertakan surat ijin usaha?

    • bapak jamal, bapak bisa membuat NPWP pribadi tanpa menyertakan surat ijin usaha dengan merubah status pekerjaan pak. petugas di kantor pajak tersebut mempertimbangkan kewajiban yang akan timbul apabila bapak tetap dengan pekerjaan wiraswasta. apabila wiraswasta maka ada kewajiban tiap bulan lapor pajak bulanan. kalau status bapak sebagai pegawau swasta misalnya maka hanya setahun sekali lapornya.

      sekian, semoga bisa membantu.🙂

  32. mau tanya nih mas, saya sudah daftar e-registration buat npwp, dan sudah seminggu belum menerima kabar apapun. saya coba log in ke webnya pun tidak bisa sama sekali. apa masalahnya ya ?? apa saya harus daftar ulang untuk e-registrationya ??

    • bapak yuda, untuk pendaftaran secara online memank membutuhkan kesabaran lebih karena pendaftarnya biasanya lumayan banyak.
      apabila bapak buru2 bisa datang langsung untuk konfirmasi.
      bapak tidak perlu daftar lagi, karena satu nomor NIK KTP hanya bisa untuk daftar satu kali.

      sekian, semoga bisa membantu.🙂

  33. mohon bantuanya saya sedang membuat npwp online..namun ketika mengisi identitas..selalu error..apa karna saya tidak mencantumkan gelar? saya pun masih mahasiswa ..jadi belum punya gelar,bagaimana ? mohon bantuannya

    • ibu nurul, untuk gelar itu bisa di dikosongi. ada kemungkinan itu dikarenakan koneksi internet di tempat ibu mengisi yang tidak stabil.
      silakan di priksa koneksi internetnya.🙂

      sekian, semoga bisa membantu.🙂

  34. Mas saya sudah daftar npwp scara online.. Saya sudah d tahap akhir yaitu pengiriman nomer token Dan sudah terkirim.. Setelah itu langkah selanjutnya saya harus bgaimana.? Tinggal tunggu kiriman kartu npwp nya saja apa hrus gmna.? Terus pengiriman kartu npwp yg sudah jadi itu ke alamat mana? Soalnya alamat ktp saya d garut sedangkan saya kerja d jakarta? Apa bisa di kirimnya langsung ke jakarta ke alamat kantor saya?

    • bapak ahmad, apabila sudah semua dikirim termasuk sudah di upload dokumen pendukungnya.. bisa ditunggu pak NPWP-nya. untuk pengiriman sesuai dengan yang bapak isi di formulir online. apabila di isi di jakarta, maka akan dikirim ke jakarta.

      sekian, semoga bisa membantu.🙂

    • bapak tri, seharusnya NPWP itu dikirim ke alamat domisili pak. coba untuk lebih lanjut, silakan bapak telp ke kantor pajak sesuai dengan KTP bapak yaitu kantor pajak tempat bapak membuat.

      sekian, semoga bisa membantu🙂

    • bapak andreas, untuk pengurusan perusahaan MLM itu sama dengan pajak badan atau perusaan lain dimana bapak mempunyai kewajiban PPh pasal 21, PPh 25 atau PPh pasal 4 ayat 2 (tergantung omset), PPh Badan/Tahunan.
      yang sangat perlu diperhatikan adalah pemungutan PPh pasal 21. untuk detilnya nanti akan saya bahas pada artikel selanjutnya ya pak.

      sekian, semoga bisa membantu🙂

  35. Mau nanya dong mas. Saya sudah registrasi npwp lewat online. Tapi ditolak. Itu saya registrasi dengan alamat di bekasi. Skrg saya sedang tinggal di bandung tapi domisili pekanbaru. Kalo saya urus di bandung apakah bisa? yang di bekasi apakah sudah terdaftar walaupun ditolak? Saya sudah telpon kantor pajak di bandung katanya hanya perlu bawa fotokopi ktp dan surat domisili dari kelurahan pekanbaru. Tapi apakah pendaftaran saya melalui online ke bekasi itu akan mempengaruhi? Terimakasih.

    • Selamat pagi ibu sari, untuk pengecekan apakah ibu sudah terdaftar atau belum, hanya bisa dilakukan di kantor pajak. So, ada baiknya ibu datang saja ke kantor pajak untuk mengecek apakah sudah terdaftar atau belum. apabila sudah terdaftar,ibu bisa mengajukan permohonan cetak ulang NPWP di kantor pajak manapun. Apabila ibu belum terdaftar, maka ibu harus mendaftar terlebih dahulu sesuai dengan KTP ibu.

      sekian, semoga bisa membantu 🙂

  36. min mau tanya saya kan baru buat npwp online,nah saya udh isi smua pendftarannya,tp eror trus knpa ya? apa lg gngguan atau apa ya?

    • Bapak ardiyan, ada kemungkinan seperti itu bapak. hal itu dikarenakan pendaftaran online melayani pendaftaran seluaruh indonesia.
      kalau misalnya ingin segera tuntas, ada baiknya datang langsung k kantor pajak sesuai KTP. atau bisa di ulang lagi pendaftarannya karena apabila bapak belum sampai upload file dan belum status dikirim maka proses pendaftaran bapak belum selesai dan belum akan di proses oleh kantor pajak terkait.

      sekian, semoga bisa membantu 🙂

      sekian, semoga bisa membantu 🙂

    • bapak rendy, untuk NPWP pusat itu apabila merupakan cabang dan itu untuk perusahaan. untuk pendaftaran yang akan dilakukan oleh bapak kolom tersebut cukup dikosongi saja.

      sekian, semoga bisa membantu 🙂

  37. Mohon info, jika permohonan ditolak apakah mendapat email penolakan? karena saya selalu gagal login jadi tidak bisa cek statusnya. Status terakhir sudah terkirim.

    • Bapak rai, apabila ada penolakan itu tidak ada email penolakan, karena biasanya kalau ketika mendaftar syarat sudah lengkap kan baru bisa kita kirim. untuk mengecek statusnya ada baiknya bapak telp ke kantor pajak terdaftar atau ke 500200.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  38. Permisi,mau tanya.
    Untuk pengisian dan attachment KTP, Apabila belum ada E-KTP,apakah dapat dilanjutkan dengan data KTP lama atau dengan menggunakan data di kertas yang diberikan saat melakukan perekaman E-KTP ? (NIK berbeda antara E-KTP dan KTP lama)
    Tahun lalu sudah melakukan perekaman data E-KTP, tapi sampai sekarang masih belum jadi.

    Terima kasih

    • Ibu Lily, untuk data KTP silakan menggunakan KTP yang saat ini digunakan. apabila masih dengan KTP lama maka gunakan KTP tersebut. Nanti apabila nomor NIK beda bisa dilakukan perubahan data.
      Silakan ibu membuat NPWP dengan KTP yang sekarang ibu pegang.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

    • Ibu Lila, bisa diperiksa koneksi internetnya ibu. bisa jadi karena koneksi lambat atau terputus putus sehingga agak lama atau susah untuk masuk ke halaman tersebut.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  39. Permisi pak maap saya mau tanya seputar cara isi kolom untuk KEGIATAN USAHA sedangkan saya tidak punya pekerjaan tetap, apa yg harus di cantumkan di kolom mana ya, status pekerjaan di KTP wiraswasta, saya jadi bingung

    • Bapak Faturrohman, untuk kolom pekerjaan silakan di isi dengan pekerjaan yang paling sering bapak dapatkan. pasti ada pekerjaan yang datangnya paling banyak di antara beberapa pekerjaan tidak tetap bapak.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  40. siang pak, saya sudah mengisi draft pendaftaran Online tetapi belum saya kirim/ proses karena saya ingin mendapatkan/ butuh kartu NPWP tersebut secepatnya. jadi saya berencana dalam waktu dekat ini langsung datang ke KPP untuk melakukan pendaftaran.
    yang ingin saya tanyakan adalah Apakah dengan saya proses registrasi melalui online dapat mempercepat/ memperlambat proses saya untuk mendapatkan kartu NPWP tsb?
    mohon penjelasan dan sarannya.. terima kasih.

    • Ibu Rahimi, untuk proses pembuatan NPWP paling cepat adalah datang langsung ke kantor pajak dimana ibu terdaftar.
      Sebagai perbandingan kecepatan pembuatan.. untuk datang langsung ke kantor pajak maksimal hari berikutnya NPWP sudah jadi sedangkan kalau online tidak ada batasan kapan selesai.🙂

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  41. ma’af min, sy mau tanya, sy baru saja daftar via e Registration, tp saat pengisian data saya tidak melampirkan foto copy ktp, dan saya sdh mendapatkan SPD.pdf nya, itu selanjutnya bagaimana ya, apa sy tunggu balasan email atau saya tinggal ke kantornya langsung? mohon jawabanya min, terimakasih sangat🙂

    • Bapak Ali, dari kondisi yang bapak sampaikan,, ada fotocopi KTP yang tidak bapak lampirkan. ada baiknya bapak langsung datang ke kantor pajak saja untuk membuat lagi. karena proses dengan E-Reg apabila tidak lengkap, biasanya tidak di approve NPWPnya sehingga berakibat bapak tidak akan mendapatkan NPWP.
      Jadi silakan bapak datang ke kantor pajak kemudian mengisi formulir pendaftaran NPWP dilampirkan fotocopi KTP. maksimal di hari berikutnya sudah jadi pak.

      sekian, semoga bsia memabntu🙂

    • Bapak renol, untuk proses pembuatan NPWP secara online yang terbaru sudah tidak ada lagi yang namanya SKT Sementara. Sudah ada perbaikan dari kantor pajak sehingga nanti langsung mendapatkan NPWP dan SKT asli tanpa SKT sementara lagi.

      sekian, semoga bisa membantu 🙂

    • Ibu sarah, untuk pembuatan NPWP itu GRATIS atau tidak dipungut biaya, apabila ada petugas pajak yang memminta silakan di adukan ke 500200 saja. tetapi kalau ibu membuat lewat calo atau konsultan, ibu membayar calo atau konsultan itu. itu biayanya ada.

      Sehingga biar enak, langsung datang k kantor pajak untuk mendapatkan NPWP secara gratis.

      sekian, semoga bsia membantu..🙂

    • Bapak Apri, untuk membuat sendiri perorangan tidak bisa pak, harus ke kantor pajak sesuai KTP. kalau misalnya bapak tidak ada waktu,, bisa mendaftar online pak. hanya saja itu prosesnya cukup lama. saran saya, pasti di bima bapak punya saudara atau istri. bisa bapak isi formulir permohonannya, kemudian dilampirkan fotocopi kTP kemudian dikirim ke saudara di bima, nanti biar di antar olehya k kantor pajak. kalau seperti itu, di hari berikutnya sudah jadi NPWP bapak.

      sekian, smoga bisa membantu..🙂

  42. Selamat Malam mas, maaf sebelumnya saya bertanya, kan saya sudah mendaftarkan NPWP secara online dan status terakhir terkirim, akan tetapi kenapa kok saya ketika saya log in ke website yg NPWP online itu selalu gagal ya? padahal sudah sesuai dengan username dan password baru saya, nah semisal saya langsung datang ke KPP Pratama Kota saya tanpa menunggu kabar dari NPWP Online itu boleh tidak ya mas?

    • Bapak Paiman, silakan pak.. untuk konfirmasi sudah terdaftar atau belum bapak bisa langsung datang ke kantor pajak tersebut.. dengan membawa fotocopi KTP kemudian nanti ke petugas NPWP di loket TPT.

      sekian, smoga bisa membantu..🙂

  43. Saya sdh daftar via online dan sdh menerima SKT via pos, tp npwp nya kok belum saya terima padahal sdh 2 minggu sejak registrasi. Itu gimana…
    Apa memang npwp & skt dikirimnya tdk bersama sama…
    Terima kasih

    • Bapak rahmadi, untuk NPWP dan SKT itu dikirim bersama sama.. ada baiknya bapak telp ke kantor pajak tersebut untuk menanyakannya.. apabila memank belum dicetak atau berkeinginan mencetak, bisa dibawa SKT tersebut ke kantor pajak terdekat untuk meminta cetak ulang NPWP.

      sekian, smoga bisa membantu..🙂

  44. Saya mengajukan penggantian kartu karena menyesuaikan dengan alamat baru di rumah yang saat ini saya tempati. sejak Desember 2013 sampai Desember 2014 saat ini “kartu NPWP” penggantinya belum sampai ke tangan saya. beberapa kali saya meminta tolong ke pengurus kantor tempat saya bekerja untuk menanyakan ke Kantor pajak Sukomanunggal Surabaya, tapi jawabnya sudah dikirim ke rumah. Karena merasa belum terima kartu npwp baru tersebut, saya menanyakan langsung ke kantor pajak tersebut tgl 9 Des2014. katanya mau dikirim ulang. seminggu kemudian saya kembali ke kantor pajak tersebut dan menanyakan apa sudah dikirim ulang ? ternyata belum. Hari itu juga tgl. 15 Des 2014, katanya petugas mau dikirim pakai “tiki”. Dan sampai sekarang saya belum terima kartu baru tersebut. Memang selama ini kalau siang rumah saya kosong karena ditinggal kerja dan anak2 sekolah. yang saya cari sebenarnya adalah bagaimana solusinya kalau memang rumah setiap hari kerja selalu kosong (kecuali hari sabtu istri dan anak ada di rumah) ?
    Terima kasih.

    • Bapak agus, untuk maslah bapak,,, tentunya bapak sudah mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar setelah pindah ya pak? Kalau sudah mendapatkan surat pindah dan sudah memegang SKT silakan bapak datang ke kantor pajak terdekat dengan membawa SKT berikut fotocopi KTP kemudian nanti bilang ke petugas pajak untuk cetak ulang.. nanti bapak akan diberi formulir cetak ulang satu lembar, kemudian silakan bapak isi. setelah di isi berikut dilampirkan fotocopi KTP baak bisa mendapatkan NPWP baru.

      sekian, smoga bisa membantu..🙂

  45. Saya sudah daftar via online, saya domisili sidaorjo kira-kira berapa hari jadi? NPWP langsung dikirim kerumah itu apa benar? kalau misalnya dalam waktu 3 hari status permohonannya masih dikirim apa bisa diambil langsung kKPPnya?

    • silakan pak harum, bisa diambil ke kantor pajak. sekaligus untuk memastikan sudah jadi atau belum NPWP tersebut.

      sekian, semoga bisa bermanfaat.🙂

  46. siang mas Rian, mau nanya saya tahun depan akan bekerja, tp dari pihak kantor tidak meminta npwp saya, apakah saya perlu buat atau tidak ya? saya bingung buat atau tidak krn mereka tidak ada minta npwp saya

    • Selamat pagi ibu clara. untuk pembuatan NPWP itu banyak keuntungannya ibu. sehingga tidak ada salahnya untuk membuat,, misalnya nanti ada tugas keluar negeri dari kantor, itu membutuhkan NPWP. daripada nanti waktu mau ada acara masih mikirin bikin NPWP ada baiknya segera buat saja.

      sekian semoga bisa membantu.🙂

  47. Saya baru saja berhasil registrasi online dan sudah unggah KTP saya langsung secara online, tetapi belum ada konfirmasi apa apa lagi selanjutnya by email.

    yang saya tanyakan jika proses semua konfirmasi reg online berhasil, lalu apa selanjutnya yang saya lakukan? apakah saya tetap harusa dtg ke KPP juga? walaupun semua sudah lengkap saya isi dan unggah di reg online ini.

    terima kasih..

    • ibu dita, apabila semua sudah dilakukan tinggal menunggu saja. berkas maksimal masuk 14hari kerja. kalau sampai 14 hari kerja tidak ada keterangan bahwa sudah di approve maka lebih baik datang k kantor pajak.

      sekian, semoga bsia membantu..🙂

  48. Selamat malam saya ingin bertanya untuk pengajuan pembukaan PT bagi WNA ( Warga Asing) syarat dan ketentuannya apa saja ya mohon bantuan nya beserta dengan ketentuan pajaknya terimakasih

    • selamat malam pak darma, sayang sekali informasi yang disampaikan belum lengkap yah.. itu yang bertanggaung jawab apakah WNI atau WNA kemudian modalnya apakah dari dalam negeri atau luar negeri atau sebagian dalam negeri sebagian luar negeri.

      untuk persyaratannya hampir sama pak, yang membedakan adalah status penanggung jawab dan sumber modal. itu nanti mempengaruhi dokumen yang dilampirkan.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  49. Pak. Mau nanya. Saya sudah pernah buat npwp dengan ktp sewaktu saya di batam. Setelah saya pindah ke jakarta. Saya urus ktp baru. Ktp jakarta. Dan npwp saya hilang. Lalu srkarang saya mau buat npwp lagi. Itu bagaimana ya?

    • bapak ahmad, tidak perlu membuat lagi NPWP-nya pak. cukup bapak ke kantor pajak tempat dahulu mendaftar kemudian minta cetak ulang dengan membawa fotocopi bukti diri.
      kalaupun bapak memaksa untuk membuat baru, pasti di tolak oleh kantor pajak karena nomor KTP bapak sudah terdaftar.

      sekian, semoga bisa membantu.🙂

  50. Selamat pagi, Min mau tanya, saya kan lulus cpns di kemenkeu, pada DJP, nah ternyata saat registrasi diminta no. NPWP, sekarang saya lagi di Jakarta, aslinya dari sulawesi, mohon pencerahan..:
    1. Apakah dengan Daftar online, bisa langsung mendapat no. NPWP (u/ saat ini yang paling dibutuhkan No-nya saja, untuk kartu fisiknya bisa menyusul)
    2. Apakah jika saya mau mengurus langsung di KPP sekitar jakarta bisa? KTP-nya Sulawesi dan di Jakarta cuma nginap di hotel jadi belum permanen.
    Terima kasih sebelumnya..

    • selamat pagi bapak rowler, untuk pengurusan kartu NPWP harus sesuai KTP yaitu domisili bapak. saran saya, isi surat permohonan pendaftaran NPWP, buat surat kuasa (dikuasakan kepada anggota keluarga yang ada di sulawesi) sertakan fotocopi KTP,, berkas tersebut kirim ke saudara bapak dan kemudian saudara bapak datang ke kantor pajak d sulawesi untuk daftar. hari berikutnya sudah bisa diambil NPWP-nya.

      kalau proses online takutnya malah lebih lama prosesnya.

      sekian, semoga bisa membantu. 🙂

  51. saya melakukan registrasi online yg pertama pd 6/1/15. setelah 2 hari pd tgl 8/1/15 permohonan saya masih berstatus ‘kirim’. pd tgl 9/1/15 saya sudah tidak bisa lagi log in menggunakan username yg kemarin dengan peringatan ‘username dan password tidak valid’. saya berinisiatif mereset pasword baru dan kemudian pasword baru tsb dikirimkan ke email saya, ternyata dgn pasword baru yg sudah direset pun id saya tetap tidak valid. maka saya memutuskan membuat pengajuan pendaftaran baru menggunakan email saya yg lain. konfirmasinya cepat, tetapi di luar dugaan permohonan saya ditolak dgn alasan ‘sudah ber-npwp’.
    apakah ini artinya permohonan saya yg pertama telah diproses dan saya telah memiliki npwp?
    jika iya bagaimana saya mengetahui nomor wajib pajak saya tersebut?

    • maaf, ada kesalahan dalam penulisan tgl. tgl 8/1/15 seharusnya 7/1/15. dan tgl 9/1/15 seharusnya 8/1/15. trimakasih.

    • bapak rizal, kalau sudah berstatus seperti itu berarti permohonan NPWP bapak sudah di proses,,, so, bapak tinggal menunggu NPWP datang ke alamat sesuai yang bapak cantumkan di permohonan NPWP.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  52. Ass wr wb..
    Maaf seblumnya Pak Admin mlam2 udh gnggu wktunya.sy kan mau mndrikan CV tp blum punya npwp itu nnti gmn & untuk biaya nya mahal enggak pak?
    trimkasih

    • Ibu sara, untuk pembuatan NPWP TIDAK DIPUNGUT BIAYA alias gratis.
      kalau ibu berkeinginan untuk mendirikan CV maka ibu harus membuat surat domisili, Akte Perusahaan, SIUP dan TDP. yang yang membayar itu untuk pengurusan surat domisili ke kelurahan dan kecamatan, akte perusahaan ke PPAT, TDP dan SIUP ke dinas terkait..
      untuk pembuatan NPWP di kantor pajak, itu gratis..

      sekian, semoga bisa membantu,..🙂

  53. Selamat malam pak. Ada yg blm saya mengerti. Untuk wanita yg sudah menikah apakah tetap hrs memiliki npwp pribadi? Misalnya utk keperluan keluar negeri. Kalau iya apakah permohonannya harus melampirkan npwp suami?
    Apakah bisa kalau tdk melampirkan npwp suami?
    Terimakasih atas bantuannya.

    • Ibu amalia, untuk wanita yang sudah menikah dan memiliki penghasilan maka harus punya NPWP pribadi yang nomornya hampir sama dengan NPWP suami.

      kalau ibu tidak bekerja, maka tidak perlu punya NPWP, tapi kalau mau keluar negeri maka HARUS punya NPWP.

      dalam pembuatannya ibu HARUS melampirkan fotocopi NPWP suami, karena nanti nomor NPWPnya hampir sama, hanya beda di digit terakhir.

      sekian.,.. semoga bsia membantu…🙂

    • ibu tuti, untuk pembuatan kartu NPWP secara kolektif bisa ibu.. caranya dengan di koordinir oleh perusahaan tempat ibu bekerja..
      nanti silakan buat surat permohonan pembuatan NPWP kolektif dari perusahaan tempat ibu bekerja.. dilampirkan dengan surat permohonan pembuatan NPWP sebagaimana format yang ada di kantor pajak, dilampirkan fotocopi KTP.

      sekian… semoga bisa membantu,..🙂

    • Ibu Suryani, untuk pembuatan NPWP harus sesuai alamat KTP, sehingga pembuatannya harus ke jogja. kalau mau, b isa online hanya sjaa prosesnya memakan waktu minimal 2minggu. kalau mau cepat, via pos kemudian dikuasakan ke saudara terdekat d jogja. dimana ibu HARUS mengisi dan menanda tangani terlebih dahulu surat permohonan NPWP dan kemudian baru dikirim berikut copi KTP dan surat kuasa yang telah ditanda tangani..

      sekian.. semoga bisa membantu..🙂

  54. maaf mas mau tanya….sy sdh daftar via online tp pas terakhir masukan token kenapa selalu keluar tulisan ”Nomor Token tidak sesuai database kami” mas.padahal nmr token sy diemail saya copi paste.mhn pencerahannya mas.trims

    • bapak camto, ada baiknya untuk nomor token itu di tulis manual,, kadang memank komputer seperti itu.

      kemudian apabila masih belum bisa maka bapak bisa merefresh capta tersebut untuk mendapatkan capta baru..

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  55. maaf mas mau tanya, saya sudah mendaftar npwp via online, namun sekarang saya malah tidak bisa login… alamat domisli saya berbeda dengan ktp, apakah npwp saya akan diteriman atau tidak?
    apa saya masih bisa bikin npwp secara langsung walau sudah mendaftar secara online?

    • ibu eka, untuk memastikan, ada baiknya ibu datang langsung ke kantor pajak sesuai KTP.. nanti disana akan dicek oleh petugas pajak apakah ibu sudah terdaftar atau belum.
      kalau sudah terdaftar, ibu minta cetak ulang saja, apabila belum, ibu silakan mendaftar lagi dengan mengisi formulir yang ada disana..

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

    • bapak boby, untuk pemindahan npwp bisa dikuasakan. hanya saja untuk permohonannya di tanda tangani sendiri yah pak.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

    • Dear Saya baru saja mendirikan badan usaha, bagaimana saya mendapatkan pelaporan pajaknya, dan pajak apa saja yang menjadi kewajiban saya.

      Terimakasih

      • Ibu yayuk, ketika baru saja mendirikan perusahaan maka hak dan kewajiban pajaknya harus dipenuhi.
        untuk kewajiban melaporkan pajaknya, hak yg pasti dipenuhi adalah PPh pasal 21, PPh pasal 4 ayat 2 (PP 47) atau PPh pasal 25,,
        untuk lebih jelas, bisa menghubungi AR di kantor pajak terdaftar.. konsultasi disana gratis bu,,🙂

        sekian, semoga bisa membantu..🙂

    • ibu ririn, untuk pengurusan NPWP yg dibutuhkan hanyalah fotocopi KTP saja, mohon dipastikan mendaftar sesuai dengan kantor pajak wilayah di KTP ibu.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

      • salam hormat,
        melanjuti pertanyaan ibu ririn>>
        saya punya persyaratan yang sama ditempat saya bekerja diharuskan memiliki npwp, dan saya sudah meregistrasi via online.
        dan mencantumkan kolom alamat dimana saya bekerja (jakarta), dan mengisi kolom alamat domisi sesuai KTP (bogor)
        *) apakah itu berpengaruh dalam proses ?
        *) apakah akan diterima di KPP terdekat, karna saya mencantumkan pendaftaran di KPP terdekat ?

        terima kasih.

      • bapak sofyan, untuk pendaftaran NPWP itu mengikuti tanda pengenal dalam hal ini adalah KTP. jadi nanti untuk prosesnya bapak akan terdaftar di kpp bogor.

        untuk memastikan sudah di proses atau belum atau sudah sampai mana prosesnya maka bapak bisa telp ke kpp bogor untuk menanyakannya. kalau sudah terdaftar dan belum mendapatkan NPWP maka silakan datang ke kpp terdekat bekerja (jakarta)untuk minta cetak ulang dengan membawa fotocopi ktp.

        sekian, semoga bisa membantu..🙂

      • Saya mau tanya.
        saya sdh daftar npwp secara online, sdh sampai klik tombol kirim.
        setelah itu saya tunggu beberapa hari, ketika saya mau login lagi gak bisa mas. beberapa kali sy ‘lupa password’ tetap gak bisa, saya coba buat akun baru dan daftar ulang, ditolak. alasannya karena saya sdh terdaftar.
        saya coba cari tahu kasus serupa, disebutkan bahwa username seharusnya diisi dengan NPWP kita, bukan dengan email.
        Nah, tapi masalahnya saya sendiri tidak tahu NPWP saya berapa. saya daftar tanggal 19 Januari, sampai sekarang blm ada email balasan tentang berapa nomor pajak saya.
        Mohon bantuannya, sy dalam kondisi sulit datang ke kantor pajak karena pekerjaan sy. sy coba kring pajak, tapi tidak membantu, sy telepon KPP domisili saya, SUPER SANGAT SULIT DIHUBUNGI. tidak diangkat atau sibuk

        Mohon bantuannya mas. Terima kasih banyak sebelumnya

      • ibu annisa, kalau misalnya melihat kondisi ibu,, dan usaha yang sudah dilakukan oleh ibu, ada baiknya ibu coba telp ke kring pajak 1500200,
        kalau susah juga, alternatif lain adalah cek ke kpp terdekat dengan meyampaikan mau cetak ulang NPWP.
        sampaikan saja kalau lupa nomor NPWP, pasti nanti dibantu untuk cek. kalau sudah terdaftar maka bisa minta cetak ulang dimana ibu harus mengisi formulir cetak ulang NPWP dan dilampirkan fotocopi KTP.
        kalau misalnya belum ada juga NPWPnya maka ibu dapat memastikan bahwa ibu belum terdaftar sehingga perlu menghubungi kpp tempat ibu mendaftar.

        sekian, semoga bisa membantu..🙂

  56. Maaf, mau tanya mas, kalau sudah menikah dan belum punya anak, kolom “jumlah tanggungan” perlu di isi atau tidak ?
    Trus kalau sudah menikah dan belum punya anak, tapi ada tanggungan 1 orang, Ibu, kolom “jumlah tanggungan” di isi angka berapa ?
    Terima Kasih.

    • Bapak wijaya, kalau belum punya anak saja jumlah tangungangn kosong. kalau ada ibu maka di isi tanggungan 1.

      demikian, semoga bisa membantu..🙂

  57. Pagi pak ryan, saya adalah pns kebetulan suami saya pns juga. Membaca info diatas bahwa sekarang ada npwp cabang bagi pasangan yang menikah. Nah pdhl npwp itukan penting digunakan untuk berbagai keperluan sekarang, kadang untuk keperluan pekerjaan npwp saya juga diminta. Nah terkait itu apakah nanti kami akan mendapatkan juga kartu tersendiri atau bagaiman?
    Kemudian jika status KTP saya masih berbeda KK dengan suami bagaimana pak?
    Jika kami ingin memperbaiki data ketika nanti sudah terbuat KK bersama bagaimana cara pemutakhirannya?

    Terima kasih

    • ibu ima, untuk proses pemutakhiran data maka yg perlu ibu lakukan adalah satukan dahulu KK keluarga ibu.
      kalau sudah dan saat ini NPWP ibu berbeda karena dahulu sudah buat masing masing maka buat surat permohonan penghapusan NPWP untuk NPWP ibu.
      dalam hal ini lampirkan KTP dan KK sebagai penguatnya, trus nanti dalam surat permohonan penghapusan disampaikan kalau ingin membuat NPWP cabang yg belakangnya 001..

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  58. Saya di tnggal di bekasi dan domisili saya dari kebumen , saya mendftar npwp online dan sudah selesai mengisi data dan statusnya lengkap , saya ingat data tempat tinggal saya isi alamat bekasi, ketika saya mau mengubah dan sya klik permohonan pendaftaranya sudah tidak bisa. Apa yang sebaiknya saya lakukan? Mohon bantuanyya

    • ibu hilda, untuk proses yang sudah ibu alami, ada baiknya ibu telp ke kpp kebumen untuk menanyakan sudah selesai belum proses pembuatan NPWP-nya, kalau sudah nanti ibu bisa minta cetak ulang ke KPP terdekat.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  59. Pak nanya, saya sudah punya npwp surabaya..tetapi krn saya sudah menikah dan domisili Jakarta, saya ingin menggabungkan npwp saya ke suami dan mengganti domisili ke Jakarta. Apakah saya bs lakukan dr kpp domisili saya skrg atau saya harus balik k Surabaya?

    • ibu ivy, disini tidak disebutkan apakan KTP ibu sudah berubah atau belum. apabila belum berubah domisili KTP maka tidak bisa pindah kantor pajak dalam arti ibu mengurusnya ke kantor pajak di surabaya.

      prosesnya adalah ibu meminta penghapusan NPWP atas nama ibu, nanti akan diproses oleh kantor pajak dan akan diterbitkan npwp mengikuti suami.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  60. pagi pak
    ada yang ingin saya tanyakan
    kemarin saya sudah daftar NPWP online dan sudah berhasil.
    BUKTI PENERIMAAN ELEKTRONIK sudah saya terima via email.
    yang ingin saya tanyakan, kartu NPWP saya nantinya akan dikirimkam ke alamat domisili atau alamat sesuai KTP
    karena domisili saya jakarta, sedangkan alamat sesuai KTP luar jakarta.
    mohon pencerahannya.
    terima kasih.

    • bapak oskar, dalam pengisian form,,, apakah bapak mencantumkan alamat domisili di jakarta? apabila iya, maka akan dikirim ke alamat sesuai domisili.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  61. Mas ryan.. kalau sy mau mendaftarkan NPWP baru di jakarta tetapi dengan KTP daerah, apakah bisa ??
    Syarat yg diperlukan apa saja & apa bisa langsung di ambil di kantor pusat ??
    *untuk kantor pusat skrg berlokasi dimana yaa ??
    Terima kasih..

    • bapak ardy, untuk pembuatan NPWP itu harus sesuai dengan KTP jadi disini bapak harus membuat sesuai KTP.. tidak bisa dijakarta.

      syaratnya adalah fotocopi KTP dan mengisi formulir permohonan pembuatan NPWP.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  62. Saya mau tanya, saya sudah mempunyai NPWP yg saya buat akhir januari kemarin, pertanyaan saya, apakah saya wajib membayar pajak penghasilan tahun ini juga, atao tahun depan ? sedangkan batas waktu paling akhir untuk pembayaran pajak tgl 31 maret besok .

    • bapak agung, apabila baru dibuat pada januari 2015 maka bapak baru wajib lapor pada tahun 2016 bapak..

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  63. Mas Ryan mau tanya dong. Bisa tidak saya download file permohonan pembuatan NPWP trus diisi tetapi disampaikan ke KPP Cibinong nya bukan saya yang menyampaikan tetapi orang lain dikarenakan saya kerja. Apakah perlu membuat surat kuasa atau memang harus menyampaikan sendiri ?
    Thanks

    • bapak ridwan, silakan bapak, nanti dibuat juga surat kuasanya yah dengan bermaterai. kemudian dilampirkan fotocopi KTP bapak dan kuasa.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  64. kalo udah terdaftar NPWP di perusahaan tempat saya kerja, tapi belum mempunyai kartu, apakah bisa mencetak kartu NPWP di kpp terdekat

    • silakan bapak ari, dengan membawa fotocopi KTP dan mengisi form permohonan cetak ulang NPWP.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  65. pagi mas ryan
    saya sudah mengajukan pembuatan NPWP melalui online satu minggu sebelumnya dan sudah berstatus “KIRIM” (note: alamat KTP berbeda dengan alamat tmpt tinggal)
    1. apa saja yang nantinya saya dapatkan pada pembuatan NPWP ini??
    2. karena saya butuh cepat apakah saya bisa mengambil langsung di KPP terdaftar saya?apakah saya harus menanyakan lewat telepon terlebih dahulu ke KPP tersebut??

    • bapak reza, bapak bisa langsung mendatangi kantor pajak tempat bapak terdaftar untuk menanyakannya. apabila sudah terdaftar maka bisa minta cetak ulang saja disana.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  66. Pak Ryan Saya mau tanya..
    Saya mendapat edaran surat dari perusahaan saya bekerja untuk laporan pajak tahunan ke kaantor pajak..,sedangkan domisili saya di Kab.Batang Jawa Tengah Saya Kerja di Kab.Purwakarta Jawa Barat.
    Apa setiap laporan harus di sertakan NPWP tp saya belum punya?
    Kalau saya sekalian bikin NPWP di kantor pajak Purwakarta bisa tidak?
    Soalnya batas untuk laporan pajaak tahunan tgl 31 maret 2015

    Terima Kasih

    • bapak sokhidun, apabila bapak belum mempunyai NPWP maka bapak tidak perlu lapor spt tahunan. coba ditanyakand ahulu ke bendahara perusahaan sudah punya NPWP atau belum.

      untuk pendaftaran NPWP harus sesuai dengan KTP dalam hal ini bapak nanti daftar ke kpp batang.

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

  67. permisi admin, saya mohon bantuannya..
    Saya KTP madiun namun sekarang tinggal di Surabaya. Saya sudah mendaftarkan npwp via ereg (online) dan sudah berhasil cetak SPD nya. Pertanyaan saya, apabila sayaembawa SPD itu ke KPP surabaya untuk mencetak Kartu NPWP saya bisa atau tidak ?
    Terimakasih

    • bapak enzo, untuk proses bapak, coba hubungi kpp madiun untuk menanyakan npwp sudah jadi atau belum. kalau sudah jadi minta disebutkan saja trus nanti minta cetak ulang di kpp di surabaya dengan membawa fotocopi ktp dan mengisi surat permohonan cetak ulang npwp..

      sekian, semoga bisa membantu..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s