Ingat!, Jangan Lupa Kembalikan Nomor Faktur Pajak yang tersisa Tahun ini

Periode Tahun Buku 2013 telah berakhir, sebelumnya kita tentu ingat bahwa tahun ini terjadi perubahan penomoran faktur pajak mulai sejak April 2013. Perubahan ini menuntut kita untuk lebih berhati-hati dalam penggunaan faktur pajak, dimana kita harus meminta nomor faktur pajak yang sudah ditentukan oleh kantor pajak dan selanjutnya apabila nomor faktur pajak yang diminta pada akhir tahun tersisa maka harus dikembalikan atau dilaporkan kembali ke Kantor Pajak. Pada saat yang bersamaan juga kita harus meminta kembali nomor faktur pajak baru untuk kita gunakan ditahun 2014. Permasalahannya sekarang apakah Bapak/Ibu sudah menghitung jumlah nomor faktur pajak yang tidak terpakai dan bersiap untuk melaporkannya serta bagaimana dengan nomor faktur pajak yang akan kita gunakan ditahun 2014, bagaimana langkah yang seharusnya maka akan kita bahas dalam artikel ini.

Menurut Peraturan Direktur Jenderal Pajak PER-24/PJ/2012 yang diubah terakhir dengan PER-08/PJ/2013 dalam Pasal 10 ayat (2) “ Nomor Seri Faktur Pajak yang tidak digunakan dalam suatu tahun pajak tertentu dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat PKP dikukuhkan bersamaan dengan SPT Masa PPN Masa Pajak Desember tahun pajak yang bersangkutan dengan menggunakan formulir sebagaimana diatur dalam Lampiran IVF yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal Pajak ini “ berdasarkan peraturan tersebut mengisyaratkan beberapa hal sebagai berikut;

  1. Wajib Pajak tidak boleh menggunakan sisa nomor seri faktur pajak yang sebelumnya telah diberikan untuk tahun pajak 2013 dalam hal terdapat transaksi di tahun 2014,
  2. Mengembalikan nomor Seri Faktur Pajak yang tidak digunakan dalam tahun pajak 2013 ini bersamaan dengan penyampaian SPT Masa PPN Masa Pajak Desember 2013 dengan menggunakan formulir IVF yang terlampir dalam PER-24/PJ/2012.
  3. Segera meminta nomor seri faktur pajak yang akan digunakan di tahun 2014, sebelum akhir tahun 2013 untuk digunakan di tahun 2014, dengan cara datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak setempat.

Pada point ini pengajuan nomor faktur pajak yang akan kita gunakan ditahun 2014 dengan membuat prosedur yang sama seperti sebelumnya dan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak setempat, sehingga pada saat masuk tahun buku 2014 Bapak/Ibu sudah bisa berjualan dengan nomor faktur pajak yang baru.

Jadi cukup jelas bagaimana langkah yang harus kita lakukan dalam hal melaporkan kembali nomor faktur pajak yang tersisa dan meminta nomor faktur pajak yang akan kita gunakan ditahun 2014. Mulai dari sekarang Bapak/Ibu dapat mempersiapkan permohonan pengajuan nomor faktur pajak baru yang akan digunakan untuk transaksi penjualan ditahun 2014 dan pada saat melaporkan Surat Pemberitahuan PPN masa Desember 2013 Bapak/Ibu sudah harus menghitung sisa nomor faktur pajak ditahun 2013 dan melaporkan secara bersamaan dengan menggunakan formulir IVF yang terlampir dalam PER-24/PJ/2012.

One thought on “Ingat!, Jangan Lupa Kembalikan Nomor Faktur Pajak yang tersisa Tahun ini

  1. Ping-balik: Penomoran faktur pajak 2014 | golden key management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s