Bayar Pajak Bisa Lewat ATM Lho..

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan akan mempermudah mekanisme pembayaran pajak melalui anjungan tunai mandiri (ATM) mulai 15 November 2013. Sistem ini tak hanya memudahkan para wajib pajak untuk menyetorkan pajaknya, tapi juga bisa meminimalisir terjadinya kecurangan.

Direktur Jenderal Pajak, Fuad Rahmany mengatakan, pembayaran melalui ATM ini didorong banyaknya para pelaku UKM yang ingin menjadi wajib pajak yang taat, namun tidak memiliki waktu untuk mengurus pajaknya ini.

Untuk sementara hanya ada empat bank yang mendukung proses ini. Keempat bank yang dimaksud adalah Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, dan Bank Central Asia. Selanjutnya, Bank DKI akan ikut bergabung di bulan desember.

Sosialisasi ini terkait dengan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 tentang PPh Atas Penghasilan Dari Usaha Yang Diterima Atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu atau yang dikenal dengan Pajak Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dalam aturan yang efektif mulai Juli 2013 itu, pemerintah menetapkan pajak penghasilan final 1 persen dari omzet. Pajak diberlakukan terhadap pengusaha beromzet di bawah Rp 4,8 miliar setahun.

Di mesin ATM, wajib pajak bisa menggunakan kartu dari rekening pribadi atau menggunakan rekening kerabat untuk melakukan pembayaran. Nanti akan ada menu pembayaran pajak. Wajib pajak akan melihat menu PPh final bruto tertentu. Setelah mengklik baru memasukkan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Nanti akan ada konfirmasi ulang terkait nama wajib pajak, kemudian dilanjutkan menu memasukkan besaran pajak yang dibayarkan. NPWP sudah menjadi kewajiban untuk pembayaran pajak.

Usai membayar lewat ATM, struk pembayaran harus disimpan dan nanti dimasukkan saat melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak.

Perlu diketahui bahwa pembayaran pajak UKM dilakukan setiap bulan dengan batas waktu tiap tanggal 15 bulan berikutnya. So, untuk masa Oktober silakan bayar di bank atau kantor pos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s