Tata Cara Pendaftara NPWP dan /atau Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak Terbaru untuk 2011

Tahun baru sebentar lagi, sudah banyak persiapan yang mungkin sudah kita siapkan. Direktorat Jenderal Pajak sebagai salah satu instansi yang sangat antusias menyambut tahun 2011.

Apa saja yang sudah disiapkan? Tentunya bagi para wajib pajak sudah menunggu perubahan apa yang akan diterapkan dibidang perpajakan ditahun mendatang.

Yupz…di akhir tahun 2010, Direktorat Jenderal Pajak mengeluarkan ketentuan terbaru tentang NPWP dan pengukuhan PKP. Sebelumnya memang sudah ada peraturan yang membahas mengenai Tata Cara Pendaftara NPWP dan /atau Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak yaitu PER no 44 tahun 2008. Saat ini telah terbit peraturan penggantinya yaitu PER 62/PJ/2010 tentang perubahan kedua atas PER 44/PJ/2008 tentang Tata Cara Pendaftaran NPWP dan/atau Pengukuhan PKP, Perubahan Data, Pemindahan Wajib Pajak dan/atau Pengukuhan PKP.

Apa saja pokok-pokok perubahannya??

Berikut pokok-pokok perubahannya

  1. Perbaikan prosedur pendaftaran Pengusaha Kena Pajak, yaitu perbaikan informasi pada formulir pendaftaran Pengusaha Kena Pajak berupa penambahan kolom isian mengenai status kepemilikan tempat kegiatan usaha.
  2. Perbaikan prosedur konfirmasi lapangan dalam rangka meyakinkan keberadaan dan kebenaran usaha wajib pajak dan/atau pengusaha  kena pajak antara lain
  3. Perubahan jangka waktu pelaksanaan konfirmasi dari 1 tahun menjadi paling lama 6 bulan sejak dikeluarkannya NPWP dan/atau NPPKP.
  4. Perubahan tata cara konfirmasi lapangan, berupa perbaikan tujuan konfirmasi lapangan yaitu untuk membuktikan kebenaran pengisian formulir pendaftaran dan melakukan penelitian kelayakan usaha.
  5. Perubahan formulir Berita Acara Konfirmasi Lapangan, yang bertujuan untuk
    1. Membuktikan kebenaran pengisian formulir pendaftaran Wajib Pajak dan/atau Pengusaha Kena Pajak, dan
    2. Meneliti kelayakan usaha Wajib Pajak dan/atau Pengusaha Kena Pajak yang meliputi
  • Peta tempat kegiatan usaha
  • Foto tempat kegiatan usaha
  • gambaran kegiatan usaha
  • data peredaran usaha
  • daftar harta di tempat kegiatan usaha

Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal 22 Desember 2010.

2 thoughts on “Tata Cara Pendaftara NPWP dan /atau Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak Terbaru untuk 2011

  1. Seberapa sulit untuk pengajuan PKP, saya berencana membuka cv, usahanya kan blom berjalan karena menunggu NPWP dan PKP, persyaratan apa yg bisa membuat PKP ditolak mohon pencerahannya donk,saya lagi belajar berwiraswasta tanpa KKN tapi kok untuk pengajuan PKP aja ada yg telp minta angpaou biar cepet beres sesulit itu kah

    • bapak Dede, untuk proses pengajuan PKP saat ini bisa dilakukan maksimal 5hari kerja setelah permohonan lengkap. Abaikan saja apabila ada yang mencoba untuk mempengaruhi anda. kalau ada masalah seperti itu, silakan sampaikan melalui Kring Pajak 500200.
      Smoga Usaha anda sukses..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s